Anak

Ketahui Gejala Radang Amandel pada Anak

Anak Zaskia Adya Mecca menjalani operasi amandel karena meradang berulang kali, meski sudah minum antibiotik dari dokter.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima [Suara.com/Revi Cofans Rantung]
Zaskia Adya Mecca hamil anak kelima [Suara.com/Revi Cofans Rantung]

Himedik.com - Baru-baru ini, Kala, anak kedua Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo menjalani operasi amandel karena kondisinya yang sudah kronis dan butuh tindakan medis segera.

Meski Kala sudah mengonsumsi obat dari dokter, amandelnya selalu meradang dan sudah penuh bercak putih. Bahkan, Kala juga sering mengalami demam walau sudah minum obat.

"Kenapa harus operasi amandel di saat riweh gini? Karena amandel dia sudah kronis. Dua bulan terakhir dia minum abis 9 antibiotik tapi radang kumat terus plus demam.. amandelnya pun sudah penuh bercak putih, jadi harus segera diangkat atau radang dan demam akan berulang walau da minum obat...," jelas Zaskia Adya Mecca di Instagram.

Sebenarnya, amandel adalah jaringan lunak yang membantu tubuh melawan infeksi. Tapi, virus dan bakteri juga bisa menginfeksi amandel yang menyebabkan peradangan akut.

Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka radang amandel akut bisa berkembang menjadi kronis. Dilansir dari Hello Sehat, berikut ini gejala radang amandel pada anak.

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya. [Instagram]
Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya. [Instagram]

 

  • Demam dan tidak enak badan
  • Sakit tenggorokan
  • Amandel bengkak
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di area leher
  • Kesulitan menelan
  • Bau mulut
  • Berkurangnya nafsu makan

Radang amandel biasanya bisa membaik dengan perawatan rumahan. Tetapi, Anda perlu membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan mencegah kondisi semakin parah.

Dokter akan menangani kondisi radang amandel pada anak sesuai penyebabnya. Jika radang amandel disebabkan oleh virus, kondisinya akan pulih sendiri.

Bila radang amandel disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberi antibiotik. Jika kondisinya tak kunjung membaik, biasanya dokter akan menyarankan operasi amandel.

Berita Terkait

Berita Terkini