Anak

Coba Perhatikan, Ini 7 Tanda Punya Anak Jenius!

Anak jenius memiliki ciri khas yang mungkin kita tidak disadari.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anak cerdas. (Shutterstock)
Ilustrasi anak cerdas. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak orangtua berharap punya anak pintar bahkan jenius. Namun tahukah Anda, anak jenius biasanya sudah menunjukkan keunggulan sejak bayi.

Dilansir dari Daily Star, Simon Barnes, mantan guru dan pendiri perusahaan pendidikan online TLC LIVE, mengatakan ada tujuh tanda anak jenius yang harus diperhatikan.

Dari lingkaran pertemanan yang canggih hingga kreativitas mereka, para ahli menganggap ini adalah faktor penting. Tetapi tentu saja, setiap anak berbeda jadi penting untuk mengingatnya dengan apa yang dikatakan Simon.

Berikut tujuh tanda yang membuktikan bahwa anak Anda bisa menjadi seorang jenius:

1. Cepat Belajar

Baik itu keterampilan praktis yang baru atau mengembangkan apa yang sudah mereka ketahui, anak Anda akan belajar dengan cepat. Selain itu mereka akan tertarik untuk menyelesaikan masalah sendiri.

Coba Perhatikan, Ini 7 Tanda Punya Anak Jenius! - 1
Ilustrasi cepat belajar. (Shutterstock)

2. Mereka tidak menyerah

Dalam beberapa kasus, anak-anak berbakat dapat tampil sebagai perfeksionis. Di samping standar yang tinggi, mereka sering kali menunjukkan ketekunan yang luar biasa.

3. Standar tinggi

Jika teman sekelasnya tidak dapat mencapai standar yang mereka harapkan, hal itu dapat menyebabkan frustrasi. Itu salah satu alasan siswa yang bekerja di tingkat yang lebih tinggi terus-menerus tertantang dan terlibat untuk mencegah frustrasi.

4. Mereka tidak pandai dalam segala hal

Anak-anak ini akan memiliki banyak minat, tetapi itu tidak berarti mereka akan berusaha dalam segala hal yang mereka lakukan. Lebih dari itu, mereka selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru dan memiliki rentang perhatian yang panjang.

Coba Perhatikan, Ini 7 Tanda Punya Anak Jenius! - 2
Ilustrasi anak jenius. (Shutterstock)

 

5. Kreatif

Anak-anak berbakat sering kali menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi tetapi tidak hanya dengan seni atau musik. Ini bisa mencakup bagaimana anak memecahkan masalah atau jumlah permainan imajiner yang mereka lakukan.

6. Tampak lebih dewasa

Siswa-siswa ini sering kali tampak lebih dewasa daripada teman sekelas mereka dan mungkin menunjukkan tanda-tanda menginginkan teman yang lebih tua.

7. Mandiri

Menjadi mandiri itu sangat penting dan jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda ini, itu bisa berarti dia jenius. Mereka mungkin juga menunjukkan tanda-tanda kebosanan saat melihat topik yang tidak mereka setujui.

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini