Anak

Benarkah Air Beras Bisa Menyuburkan Rambut? Begini Kata Ahli

Belakangan populer di TikTok tentang membilas dan merendam rambut dengan air beras yang dianggap bisa membuatnya tumbuh lebih panjang dan lebih berkilau.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kesehatan rambut (Pixabay/xusenru)
Ilustrasi kesehatan rambut (Pixabay/xusenru)

Himedik.com - Air beras atau air cucian beras belakangan dikaitkan sebagai salah satu penyumbur rambut yang membuat rambut panjang dan berkilau. Anggapan tersebut belakangan cukup populer di TikTok. 

"Air cucian beras seringkali mengandung limpasan tepung dan kadang-kadang beberapa vitamin," kata dokter kulit kota New York Rachel Nazarian, MD, kepada Health. Air beras adalah air sisa cucian beras yang telah dibilas sebelum dimasak.

Melansir dari Helath, sayangnya air beras dan kesehatan rambut belum ada korelasi yang dibuktikan secara ilmiah.

"Namun, air beras mengandung vitamin B dan E yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan dan vitalitas rambut," kata Mona Gohara, MD, seorang profesor dermatologi di Yale School of Medicine,kepada Health.

Kekurangan vitamin B12 secara khusus dikaitkan dengan rambut rontok. Nazarian menyatakan bahwa mencuci rambut dengan air beras mungkin,menawarkan perbaikan rambut sementara bagi sebagian orang, namun keuntungan ini belum terbukti dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Ilustrasi Rambut Panjang (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi Rambut Panjang (Pixabay/Pexels)

Dokter Gohara mencatat bahwa merendam atau membilas rambut dengan air beras dapat meningkatkan kecerahan rambut karena kandungan vitaminnya. Namun, hal itu tidak akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Oleh karenanya, baik Dr. Nazarian dan Dr. Gohara menyarankan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit, seperti spironolakton, minoksidil topikal, dan bahkan suntikan plasma kaya trombosit (PRP) yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Berita Terkait

Berita Terkini