Anak

Apa Jenis Botol Susu dan Dot Bayi yang Aman? Ini Pilihan Ahli!

Ada banyak jenis botol susu dan dot bayi yang tidak semuanya cocok bagi bayi Anda.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Dot. (pixabay/waldryano)
Dot. (pixabay/waldryano)

Himedik.com - Air susu ibu (ASI) sangat penting untuk membantu membangun sistem kekebalan dan mencegah bayi terserang penyakit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bayi baru lahir harus diberi air susu ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan pertama.

Tapi, ada beberapa ibu terpaksa harus memberi bayinya ASI atau susu dari botol karena berbagai alasan, seperti mengurus bisnis atau bekerja.

Tak ada yang bedanya antara bayi yang diberi ASI secara langsung dan melalui botol. Namun, banyak ibu baru mungkin kurang paham memilih jenis botol susu yang aman bagi bayi.

Dilansir dari Times of India, ada tiga jenis botol susu yang tersedia di pasaran, yakni botol kaca, plastik dan baja. Semua jenis botol ini memiliki pro dan kontranya masing-masing.

Botol plastik memang lebih ringan dan tidak mudah pecah. Tapi, kebanyakan orangtua menghindari plastik karena takut dengan mikroplastiknya.

Ilustrasi botol susu bayi (shutterstock)
Ilustrasi botol susu bayi (shutterstock)

Sedangkan, botol kaca tidak akan melarutkan bahan kimia apapun ke dalam susu atau formula. Botol kaca akan bertahan lama, tetapi ada risiko kerusakan atau pecah.

Ketiga, botol baja tergolong tidak beracun, ringan dan praktis. Tapi, banyak orangtua mungkin kurang terbiasa menggunakan botol baja untuk bayi.

Selain botol bayi, Anda juga pasti bingung memilih jenis dot yang terbaik untuk bayi. Ada dua jenis dot yang tersedia untuk botol bayi, yakni karet dan silikon.

Karet atau lateks yang lebih lembut adalah jenis dot yang harus sering diganti. Sedangkan, silikon lebih kencang dan tahan lama. Biasanya, dot silikon harus diganti setiap beberapa bulan.

Kedua jenis dot untuk botol bayi itu bagus, tetapi itu juga tergantung yang disukai dan nyaman bagi bayi Anda. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah mencobanya.

Bahkan beberapa bayi mungkin memiliki alergi terhadap lateks atau karet dari dotnya. Sehingga, mereka hanya bisa menggunkan dot berbahan silikon.

Berapa kali harus mensterilkan botol dan dot bayi?

Anda tidak perlu mensterilkan botol dan bot bayi sebelum digunakan. Lakukan ini hanya ketika Anda baru saja membeli botol susu baru atau setelah bayi sakit.

Caranya, cukup masukkan botol dan dot secara terpisah ke dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air sabun dan bilas bersih.

Jika Anda harus memberi bayi susu botol yang usianya kurang dari 9 bulan, maka Anda harus mensterilkannya sebelum digunakan.

Berita Terkait

Berita Terkini