Anak

Dukung Asupan Serat Pangan Inulin Anak saat Puasa dengan Morinaga Chil*Go!

Serat pangan inulin berperan penting untuk membantu sistem pertahanan tubuh.

Yasinta Rahmawati

Anak Chil*Go! (Dok. Morinaga Chil*Go!)
Anak Chil*Go! (Dok. Morinaga Chil*Go!)

Himedik.com - Ramadan di tengah kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan umat muslim beribadah dan mengajarkan berpuasa pada anak-anak. Namun di sisi lain, orangtua mungkin memiliki kekhawatiran akan menurunnya daya tahan tubuh anak selama puasa sehingga tidak mampu melawan kuman dan virus penyakit.

Kunci utama menjaga daya tahan tubuh anak tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Di bulan Ramadan, orangtua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa.

Terkait daya tahan tubuh anak, riset menunjukkan bahwa orang tua saat ini memang sudah semakin menyadari efek positif nutrisi pada kesehatan dan daya tahan tubuh anak mereka, termasuk kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang sehat.

Survei daring Morinaga Chil*Go! di akhir Februari 2021 menunjukkan hampir 85% ibu di Indonesia menjadikan asupan nutrisi menjadi prioritas mereka selama pandemi Covid-19. Bahkan lebih dari 86% mengaku sangat ketat memastikan asupan makanan bergizi seimbang untuk anak setiap hari.

Pada saat berpuasa atau belajar puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuhnya dapat berjalan dengan optimal.

Anak Chil*Go! (Dok. Morinaga Chil*Go!)
Anak Chil*Go! (Dok. Morinaga Chil*Go!)

"Oleh karenanya, selain nutrisi di atas perlu juga dilengkapi dengan beberapa nutrisi yang diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik," papar dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, dalam rilis yang diterima Himedik.

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan sedangkan prebiotik adalah sejenis serat yang menjadi sumber makanan bakteri baik agar bekerja dengan efisien. Sehingga nutrisi yang diperoleh tubuh dapat diserap dengan baik dan juga bisa merangsang sistem imunitas tubuh.

Salah satu jenis prebiotik yang diakui secara ilmiah adalah serat pangan inulin. Secara alami, serat pangan inulin dapat ditemukan pada berbagai buah buahan, sayuran, umbi-umbian seperti Chicory Root.

"Efek menguntungkan serat pangan inulin terutama berperan di usus besar. Usus adalah organ terbesar untuk membantu sistem pertahanan tubuh. Manfaat inulin sebagai nutrisi yang esensial selain untuk kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh juga berdampak positif pada kesehatan di kemudian hari yaitu mengurangi risiko obesitas, penyakit radang usus, dan alergi," jelas dr. Muliaman lebih jauh.

Prebiotik di dalam serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium dan mendorong kepadatan tulang, serta mengatur rasa kenyang. Nutrisi inilah yang perlu ada dalam menu makanan anak sehari-hari, terutama saat anak belajar berpuasa atau sedang berpuasa.

Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals danLina Sen, Brand Manager Morinaga Chil*Go! Membahas kelebihan Morinaga Chil*Go!Liquid Rasa original yang mengandung serat pangan inulin, 9 vitamin dan 5 mineral yangmampu menstimulus daya tahan tubuh anak. (Dok. Morinaga Chil*Go!)
Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals danLina Sen, Brand Manager Morinaga Chil*Go! Membahas kelebihan Morinaga Chil*Go!Liquid Rasa original yang mengandung serat pangan inulin, 9 vitamin dan 5 mineral yangmampu menstimulus daya tahan tubuh anak. (Dok. Morinaga Chil*Go!)

KALBE Nutritionals dalam misinya untuk menyediakan produk nutrisi berkualitas guna mendukung kehidupan yang lebih baik, melalui salah satu produk unggulannya yaitu Morinaga Chil*Go!, terus mendukung gaya hidup anak supaya lebih sehat.

Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals menjelaskan bahwa menambahkan Morinaga Chil*Go! dalam menu makan harian anak adalah salah satu cara praktis membantu Bunda memastikan asupan serat pangan inulin dalam porsi yang tepat untuk membantu memelihara fungsi saluran pencernaan buah hatinya.

Morinaga Chil*Go! merupakan susu kualitas Jepang yang enak bernutrisi dengan harga terjangkau, dilengkapi dengan 9 vitamin dan 5 mineral, serta kandungan serat pangan inulin akan mendukung kesehatan pencernaan anak.

"Pencernaan yang sehat tentunya dapat mendukung daya tahan tubuhnya. Saat berpuasa nanti, orang tua dapat memberikan Morinaga Chil*Go! pada sahur dan saat berbuka," jelas Daru.

Bulan lalu Morinaga Chil*Go! memperkenalkan varian rasa baru yaitu rasa Original yang lebih rendah gula. Masih dengan kandungan utama yang sama, rasa Original bisa membantu Bunda mengontrol asupan gula di dalam makanan dan minuman yang ikonsumsi anak setiap hari. Morinaga Chil*Go! juga bisa dikreasikan menjadi resep kreasi makanan dan minuman baru yang sehat dan disukai anak-anak.

Selain itu, Morinaga Chil*Go! juga menghadirkan susu bubuk Morinaga Chil*Go! 1+ dan 3+ dengan rasa Madu dan Vanilla yang mengandung perpaduan nutrisi seperti Serat Pangan Inulin, Tinggi Vitamin A, C, E, Zinc, dilengkapi Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Kolin, Tinggi Kalsium & Vitamin D, 14 Vitamin & 8 Mineral.

Berita Terkait

Berita Terkini