Anak

Efek Virus Corona Pada Anak dan Orang Dewasa Berbeda, Kenali 5 Gejalanya!

Gejala virus corona Covid-19 pada anak-anak dan orang dewasa berbeda.

Shevinna Putti Anggraeni

Anak-anak Covid-19 (Pexels/Janko Ferlic)
Anak-anak Covid-19 (Pexels/Janko Ferlic)

Himedik.com - Penularan virus corona Covid-19 sekarang ini sangat rentan menyerang anak-anak dan remaja. Sebuah penelitian pun menemukan gejala virus corona anak-anak berbeda dengan orang dewasa.

Anak-anak masih bisa berisiko tertular virus corona Covid-19 dan jatuh sakit karena infeksi tersebut, tetapi kondisi mereka sangat jarang berakhir fatal atau meninggal dunia.

Sejak awal pandemi virus corona Covid-19, kurang dari 15 anak di Inggris meninggal dunia karena virus corona Covid-19. Artinya, kemungkinan risiko anak-anak meninggal dunia akibat Covid-19 itu hanya 1 : 1 juta.

Menurut Calum Semple, profesor kesehatan anak dan pengobatan wabah di University of Liverpool, anak-anak masih bisa menjadi pembawa virus corona, menularkan virusnya ke anak-anak sebayanya dan anggota keluarganya yang berisiko terinfeksi parah.

Menurut data aplikasi ZOE Covid Symptom Tracker, dari anak-anak yang positif virus corona biasanya mengalami sebagain besar gejala klasik pada orang dewasa.

Ilustrasi Anak-Anak. (pexels/@samerdaboul)
Ilustrasi Anak-Anak. (pexels/@samerdaboul)

NHS menyatakan bahwa tiga gejala utama virus corona pada orang dewasa dan anak-anak adalah batuk terus-menerus, suhu tinggi serta hilangnya rasa dan bau.

Gejala klasik virus corona Covid-19 itu sudah terdaftar sejak Mei 2020. Tapi, studi ZOE menemukan setengah anak-anak yang positif virus corona tidak memiliki gejala klasik tersebut.

Selain itu, sepertiga anak tidak pernah mengalami salah satu dari 20 gejala virus corona yang umum di antara pasien dewasa. Artinya, mereka memiliki gejala atipikal atau tidak sama sekali ketika positif virus corona.

Berikut ini dilansir dari The Sun, 5 gejala umum virus corona Covid-19 pada anak-anak yang seharusnya diwaspadai.

  1. Kelelahan
  2. Sakit kepala
  3. Demam
  4. Sakit tenggorokan
  5. Kehilangan nafsu makan

Penelitian juga menunjukkan bahwa 15 persen anak-anak yang positif virus corona mengalami ruam kulit tak biasa. Kondisi ini juga telah terlihat pada orang dewasa yang positif Covid-19, seperti gatal-gatal, eksim dan lepuh pada jari serta kaki.

Sebelumnya, profesor Tim Spector, peneliti Utama aplikasi ZOE, mengatakan tidak ada perbedaan gejala virus corona yang jelas antara anak-anak di sekolah dasar dan sekolah menengah.

Berita Terkait

Berita Terkini