Anak

Bayi Baru Lahir Sudah Punya Gigi, Adakah Dampak Natal Teeth?

Bayi baru lahir sudah memiliki gigi yang juga disebut sebagai natal teeth.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bayi baru lahir. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bayi baru lahir. (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Viral di media sosial TikTok dan Instagram, seorang bayi baru lahir sudah tumbuh gigi di bagian depan.  Video TikTok yang diunggah oleh @devilisviana08 itu memperlihatkan bayi baru lahir yang sudah memiliki dua gigi tersebut.

"Sehari lahir udah tumbuh gigi ya guys," tulis akun TikTok tersebut dalam videonya.

Sebagian besar netizen mengatakan bahwa hal itu umum terjadi. Adapula beberapa orang yang berpendapat bahwa ibu si bayi terlalu banyak kalsium sehingga bayinya lahir sudah memiliki gigi.

Kondisi bayi baru lahir sudah mempunyai gigi dikenal dengan istilah natal teeth. Bayi baru lahir yang mengalami natal teeth memiliki bentuk gigi seperti bayi pada umumnya.

Tapi, ukuran giginya lebih kecil, berwarna kekuningan, tidak memiliki akar dan mudah goyang. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya bagi bayi dan masih jarang terjadi.

Bayi baru lahir sudah punya gigi (Instagram/@igtainmenttt)
Bayi baru lahir sudah punya gigi (Instagram/@igtainmenttt)

Dilansir dari Alodokter, natal teeth biasanya disebabkan oleh posisi sel-sel pembentuk gigi yang terlalu dekat dengan gusi. Bayi berpontensi mengalami hal ini bila ada anggota keluarga yang juga pernah memiliki natal teeth.

Kemunculan natal teeth juga bisa dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti sindrom Pfeiffer (kelainan genetik, histiositosis sel (kelainan sel darah putih), dan bibir sumbing. Berikut ini, beberapa dampak kemunculan natal teeth pada bayi baru lahir.

1. Mempengaruhi kemampuan bayi menyusu

Natal teeth bisa mengganggu kenyamanan bayi ketika menyusu. Sebagian bayi dengan natal teeth biasanya enggan menyusu.

2. Meningkatkan risiko putih terluka

Natal teeth juga salah satu penyebab putting ibu menyusui terluka, akibat gesekan dan gigitan dari si bayi. Kondisi ini mungkin akan tak nyaman bagi ibu untuk menyusui.

3. Meningkatkan risiko bayi tersedak

Karena gigi pada bayi baru lahir atau natal teeth mudah goyang dan tanggal, hal ini bisa meningkatkan risiko gigi tertelan dan menyebabkan bayi tersedak.

Sebenarnya, natal teeth sendiri tidak membutuhkan penanganan medis khusus selama tidak mengganggu proses menyusui dan tidak menimbulkan gejala tertentu.

Jika kondisi ini mengganggu, Anda bisa konsultasi dengan dokter. Jangan lupa bersihkan gigi bayi secara rutin menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi air.

Berita Terkait

Berita Terkini