Anak

Anak Sebaiknya Tidak Konsumsi Saus Tomat Berlebihan, Ini Sebabnya

Saus tomat memang membuat rasa makanan lebih nikmat, tapi sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi saus tomat.
Ilustrasi saus tomat.

Himedik.com - Beberapa makanan seperti kentang goreng, nugget hingga burger biasanya akan terasa kurang jika tidak tersaji dengan saus tomat botolan. Banyak orang berpikir bahwa saus tomat tidaklah berbahaya karena mengandung tomat yang bernutrisi.

Meski demikian, saus tomat botolan tidaklah sehat, jadi jangan biarkan anak Anda terlalu banyak mengonsumsinya.

Berlebihan mengonsumsinya bisa membawa beberapa masalah kesehatan dalam jangka panjang. Dilansir dari NDTV, berikut beberapa alasan mengapa saus tomat perlu dibatasi.

1. Mengandung cuka dan gula suling

Cuka suling yang digunakan untuk membuat saus ini sama sekali tidak sehat. Itu terbuat dari jagung transgenik yang dicampur dengan bahan kimia dan pestisida. Hal ini membuat saus tomat ini sangat tidak sehat dan karenanya harus dihindari.

2. Konsentrat tomat

Tomat konsentrat pada dasarnya adalah mengambil tomat dan memasaknya. Tomat disaring untuk mengeluarkan bijinya dan kulitnya, dan dimasak kembali. Ini berlangsung selama beberapa jam dan pada suhu yang sangat tinggi. Cara ini akan menghilangkan semua vitamin dan mineral penting yang secara alami terkandung dalam tomat.

Ilustrasi saus tomat - (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi saus tomat - (Pixabay/Alexas_Fotos)

3. Tinggi sirup jagung fruktosa

Bahan utama dalam saus tomat adalah sirup jagung fruktosa tinggi yang sangat tidak sehat dan beracun. Itu dihasilkan dari jagung yang telah dimodifikasi secara genetik.

Sirup jagung meningkatkan kadar gula darah dan dikaitkan dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan, dan banyak lagi.

4. Nol nilai gizi

Saus tomat hampir tidak mengandung protein, serat, vitamin dan mineral. Jangan lupa bahwa sausnya tinggi gula dan natrium. Jadi, selain menambah cita rasa masakan, saus tomat sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini