Anak

Telan Magnet Gara-Gara Ikut Tren TikTok, Bocah Ini Nyaris Meninggal

Insiden itu terjadi karena ia melihat video viral di TikTok menunjukkan anak-anak muda meletakkan magnet di mulut mereka menyerupai tindik lidah.

Yasinta Rahmawati

Bola magnet. (Pixabay)
Bola magnet. (Pixabay)

Himedik.com - Akibat mengikuti tren TikTok, bocah berusia 9 tahun asal Skotlandia nyaris meninggal. Jack Mason dilarikan ke ruang operasi setelah mengalami sakit parah dan muntah hebat.

Setelah ditelusuri, insiden itu terjadi karena ia melihat video viral di TikTok menunjukkan anak-anak muda meletakkan magnet di mulut mereka menyerupai tindik lidah. Jack jadi menelan beberapa magnet kecil yang saling menempel dan kemudian menyumbat usus.

Dilansir dari Inside Edition, usus buntu Jack harus diangkat dan ia kehilangan sebagian usus kecilnya serta hampir satu kaki usus besarnya.

Sang ibu, Carolann McGeoch, bersyukur anaknya masih hidup, meskipun harus menjalani pemulihan yang lama. Ia pun berharap pengalaman Jack bisa mencegah anak-anak lain untuk melakukan hal serupa.

McGeoch menyarankan para orangtua untuk mencari barang-barang berbahaya milik anak-anak mereka, terutama magnet kemudian membuangnya.

Di Inggris, tercatat ada 65 anak membutuhkan operasi darurat dalam tiga tahun terakhir untuk menghilangkan magnet, kata BBC.

Menanggapi hal tersebut, seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya tidak mengizinkan konten yang mendorong, mempromosikan, atau mengagungkan perilaku yang dapat menyebabkan cedera.

"Tim keselamatan kami menggunakan berbagai tindakan untuk menjaga keamanan komunitas kami, dan kami telah melakukan pencarian proaktif tambahan untuk mendeteksi konten alam ini," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini