Anak

8 Tanda Anak Laki-Laki Sudah Masuk Masa Pubertas

Dari testis membesar hingga suara berubah, inilah beberapa tanda testis sudah masuk masa pubertas.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bocah laki-laki - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bocah laki-laki - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Pubertas alias puber, merupakan tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pada tahap ini, anak akan mengalami beberapa perubahan, terutama dalam hal fisik.

Anak yang mengalami masa pubertas akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuh. Untuk laki-laki misalnya, perubahan ini dialami saat laki-laki memasuki usia 10 hingga 16 tahun.

Melansir dari Hello Sehat, berikut tanda anak laki-laki bila sudah masuk masa pubertas. Apa saja?

1. Membesarnya ukuran testis
Tanda laki-laki bila sudah memasuki masa pubertas adalah membesarnya ukuran testis. Umumnya ini terjadi pada usia 11 tahun. Setelah membesarnya testis, pembesaran tersebut juga terjadi pada ukuran penis yang bertambah.

Pubertas pada remaja. (shutterstock)
Pubertas pada remaja. (shutterstock)

2. Tumbuh rambut di area organ seksual
Laki-laki yang sudah masuk ke usia pubertas, akan mengalami tumbuhnya rambut di area organ seksual. Selain itu, rambut yang tumbuh di area organ seksual ini biasanya berbentuk keriting.

3. Perubahan skrotum
Skrotum merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi laki-laki, yakni berupa kantung kulit yang menggantung di bawah penis. Bila laki-laki sudah memasuki masa pubertas, skrotum tersebut akan berubah menjadi gelap.

4. Mengalami mimpi basah
Ketika laki-laki memasuki masa pubertas, mereka akan mengalami yang namanya mimpi basah. Biasanya, mereka akan mengalami ejakulasi atau keluarnya sperma saat masih tidur. Sisi lain, kondisi ini terjadi saat laki-laki tersebut bermimpi tentang hasrat seksual.

5. Perubahan suara
Jika pada masa anak-anak suaranya lebih lembut dan terkesan cilik, berbeda jika laki-laki tersebut sudah memasuki masa pubertas. Salah satunya adalah perubahan suara yang lebih berat.

6. Mulai tumbuh jerawat
Laki-laki yang memasuki masa pubertas akan mengalami jerawat di sekitar wajah. Hal ini termasuk normal dan tidak perlu khawatir. Nantinya, jerawat yang tumbuh di masa puber akan hilang dengan sendirinya.

7. Perubahan tinggi badan
Laki-laki yang memasuki masa puber umumnya akan mengalami perubahan tinggi badan. Dalam waktu setiap tahun, laki-laki akan mengalami pertumbuhan tinggi badan mulai dari 7 hingga 8 cm.

8. Terbentuknya otot-otot
Umumnya laki-laki yang memasuki masa pubertas akan mengalami terbentuknya otot-otot. Biasanya, perubahan ini terlihat dari dadanya yang membidang dan tumbuhnya otot di bagian lengan.

(Suara.comAflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini