Anak

Anak Juga Perlu Merasa Dihargai, Orangtua Mari Terapkan 4 Cara Berikut

Dengan merasa dihargai, akan meningkatkan rasa percaya diri anak.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anak remaja dan orang tua. (Pixabay)
Ilustrasi anak remaja dan orang tua. (Pixabay)

Himedik.com - Orangtua kadang kadang merasa paling tahu apa yang dibutuhkan sang anak. Sehingga mereka kerap membatasi keinginan dan pilihan anak-anak. Padahal, cara tersebut membuat anak merasa tidak dihargai.

 Padahal, sebagai orangtua Anda perlu hargai keberadaan anak, terutama pada apa yang mereka lakukan selama itu positif bagi tumbuh kembangnya.

Mengutip dari buku Happy Parenting: Without Spanking Or Yelling (2017) yang ditulis oleh Novita Tandry, ada empat cara agar anak merasa dihargai keberadaannya. Ini dia dihimpun dari Suara.com---jaringan Himedik.com.

1. Berikan Perhatian

Memberikan perhatian merupakan hal yang paling penting bagi anak. Bahkan, perhatian jauh lebih efektif jika tidak dibagi dan diberikan tanpa gangguan atau interupsi. Perhatian yang diberikan dari orangtua ke anak, meski hanya beberapa detik, itu sudah membuat anak jauh lebih berharga.

Perhatian tentu tidak harus memberi barang mewah kepada anak. Alternatif nya, Anda bisa berikan senyuman, pelukan hangat, atau kata-kata penyemangat untuk mereka.  

2. Berikan Pujian

Selain memberi perhatian, pujian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Ketika anak merasa diapresiasi atas tindakan positif yang dilakukannya, ini sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di usia remaja dan dewasa. Tentu saja, ingatan anak akan terasa membekas ketika pujian dari orangtua bernada positif dan penuh kasih sayang.

3. Berikan hak istimewa

Memberi hak istimewa tidak harus dengan barang-barang mewah. Anda bisa memberi hak seperti kebebasan dan juga pujian untuk mereka. Pada saat Anda membagi waktu untuk sang anak, perlakuan yang baik serta perhatian bisa menjadi harta yang berharga untuk mereka. Tetapi, jangan untuk perhatikan pola makan sang anak. Dan di sinilah orangtua perlu memberi asupan yang baik buat anak.

4. Berikan Cinta Dan Kasih Sayang

Penting bagi anak untuk tahu bahwa mereka disayangi oleh orangtua nya sendiri, meski mereka melakukan hal yang buruk di lingkungannya. Dengan kata lain, Anda perlu berikan cinta dan kasih sayang, meski pada saat yang sama Anda membenci kesalahan anak yang telah dilakukannya. Jangan sampai rasa benci Anda malah menghilangkan rasa cinta Anda pada anak.

Berita Terkait

Berita Terkini