Anak

Orangtua Wajib Tahu, Stunting Bisa Sebabkan Dampak Jangka Panjang dan Pendek

Masalah stunting pada anak perlu menjadi hal yang diperhatikan tiap orang tua.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ibu dan anak.
Ilustrasi ibu dan anak.

Himedik.com - Stunting merupakan gangguan pertumbuhan di mana anak kekurangan asupan gizi. Stunting menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat dibanding teman sebayanya.

Di sisi lain, anak mungkin juga memiliki tubuh kurus atau perkembangan tubuhnya tidak sesuai dengan usianya.

Orangtua perlu tahu bahwa ada dampak jangka pendek dan jangka panjang akibat stunting. Dosen Prodi Gizi Universitas Esa Unggul & Co-Founder Sahabat Gizi Community, Anugrah Novianti, menjelaskan dampaknya.

Jangka Pendek

Menurut Anugrah melansir dari Suara.com, jangka pendek dari masalah stunting pada anak, ini dapat memengaruhi perkembangan kognitif, motorik, dan verbal. Sehingga ini dapat membuat anak menjadi tidak optimal.

Stunting hambat tinggi badan anak. (Shutterstock)
Dampak stunting pada anak. (Shutterstock)

Selain itu, dampak lainnya juga meningkatkan kejadian kesakitan dan juga kematian.

"Ketika asupan gizi kurang terjadi, maka sel otaknya tidak berkembang sempurna. Karena sel otak butuh zat gizi seperti protein, asam lemak, karbohidrat, glukosa, vitamin dan mineral," ungkapnya dalam acara webinar Gizi Seimbang, Buah Hati Tumbuh Senang, Minggu (27/2/2022).

Dampak Jangka Panjang

Dalam paparannya, Anugrah mengatakan bahwa stunting bisa berdampak jangka panjang bagi si anak. Mulai dari postur tubuh yang tidak optimal saat dewasa (lebih pendek), meningkatkan risiko obesitas, performa belajar menjadi berkurang, dan produktivitas yang tidak optimal.

"Dampak jangka panjangnya, nanti di usia dewasanya, itu pertumbuhannya jadi tidak optimal. Bahkan bisa beresiko pada obesitas," ungkap Anugrah lebih lanjut.

"Kenapa? Karena sel-sel di tubuhnya tidak bekerja secara optimal. Jadi di ini meningkatkan risiko obesitas, bahkan jika mengonsumsi makanan tinggi lemak dan juga tinggi gula," pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini