Anak

Ahli Sebut Kasus Hepatitis Akut Pada Anak Berhubungan dengan Anjing, Kok Bisa?

Ahli mengatakan ada hubungan antara kasus hepatitis akut pada anak dan anjing peliharaan.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi anak hepatitis. (Freepik)
ilustrasi anak hepatitis. (Freepik)

Himedik.com - Dr Ellie Cannon menyelidiki hubungan antara kasus hepatitis pada anak dan anjing peliharaan. Pasalnya, kasus hepatitis pada anak yang tinggi ini diketahui memiliki kontak dengan anjing.

Namun, Dr Ellie berbagi bahwa beberapa virus nampaknya menyebabkan wabah hepatitis misterius ini, tapi bukan salah satu dari virus hepatitis.

"Virus itu mungin salah satu virus paling umum yang kita miliki. Tapi, menurut kami bukan Covid-19," kata Dr Ellie dikutip dari Express.

Meskipun belum ada penjelasan mengenai anjing bisa menyebabkan penyakit ini, ada perkiraan berdasarkan data yang tersedia bahwa 64 dari 92 pasien hepatitis memiliki kontak dengan anjing.

"Apalagi, di Inggris sekarang ini sudah semakin banyak anjing. Jadi, tak heran kalau banyak anak-anak yang menderita hepatitis memiliki anjing sebagai hewan peliharaannya," katanya.

Ilustrasi anjing Tibet. (Shutterstock)
Ilustrasi anjing peliharaan (Shutterstock)

Dr Ellie pun beranggapan bahwa hal itu justru menjadi sinyal yang perlu diperhatikan. Ia tidak ingin orang-orang khawatir hingga ingin menyingkirkan hewan peliharaannya.

"Karena, orang memiliki peliharaan sudah sangat umum sekarang ini, jadi jangan terlalu khawatir tapi tetap waspada," katanya.

Sementara itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris UKHSA berbagi bahwa temuan mengenai hubungan antara anjing dan kasus hepatitis anak ini masih dieksplorasi.

Meskipun hepatitis ini hampir tak pernah menunjukkan gejala, tapi ada beberapa kondisi yang bisa Anda waspadai:

  1. Nyeri otot dan sendi
  2. Demam
  3. Kelelahan sepanjang waktu
  4. Kehilangan selera makan
  5. Sakit perut
  6. Urine berwarna gelap dan feses pucat
  7. Kulit dan mata menguning

Berita Terkait

Berita Terkini