Info

Kenapa Suara Gemericik Air Bisa Buat Tenang? Ini Alasannya

Suara gemericik air bisa mempengaruhi pikiran seseorang agar tetap tenang.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi gemericik air. (Instagram/her_journeys)
Ilustrasi gemericik air. (Instagram/her_journeys)

Himedik.com - Secara tidak sadar orang akan merasa betah berlama-lama mendengar suara gemericik air. Bahkan, oleh para psikolog digunakan sebagai terapi agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

Sebenarnya, mengapa mendengar suara gemericik air bisa membuat tenang dan nyaman? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Orfeu Buxton, peneliti dari Live Science menuturkan bahwa suara gemericik air bisa mempengaruhi pikiran seseorang agar tetap tenang, nyaman, dan tidak khawatir dengan keadaan. Selain itu, suhu udara di sekitar juga akan terasa mendukung suasana damai tersebut.

Sedangkan menurut ahli biologi kelautan Wallace J. Nichols, rasa tenang ketika dekat dengan air adalah naluri umum seorang manusia. Hal ini mendorong orang-orang untuk membangun lingkungan air di area rumah untuk mendapat ketenangan.

Cherry Hadibroto dan Don WS, penulis buku Kolam Hias serta Rahasia Kebun Asri menuturkan, air yang jatuh secara teratur dan terus menerus mampu mengalihkan fokus pendengaran dari bunyi-bunyi tak nyaman. Namun, otak berpikir berbeda ketika mendengar suara air yang keras. Suara hujan badai misalnya, cenderung menghadirkan ketakutan.

Jadi, sering-seringlah mendengar debur ombak, gemericik air, atau rintik hujan agar hati tetap tenang dan nyaman!

Berita Terkait

Berita Terkini