Info

Cek Kesehatanmu Hanya dengan Melihat Kuku

Lengkungan putih di kuku ternyata bisa untuk cek kesehatan, lho! Sebutannya lunula, biasanya ia muncul di pangkal kuku.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi lunula. (BBC Focus Magazine)
ilustrasi lunula. (BBC Focus Magazine)

Himedik.com - Pernahkan kamu memerhatikan lengkungan putih di kuku tangan? Jangan sepelekan ya, karena lengkungan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk cek kesehatan. Setidaknya untuk diagnosis awal sebelum kamu cek ke dokter.

Lunula merupakan istilah lengkungan putih yang ada di pangkal kuku. Dr. Otniel Budi Krisetya menjelaskan bahwa berdasarkan dari penelitian, Lunula memang berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang. Lunula sendiri adalah bagian akar kuku. Ia berfungsi dalam pertumbuhan kuku. Jenis dari lunula sendiri bermacam-macam, mulai dari warna dan ada tidaknya lunula. Berikut penjelasan lengkapnya.

Jika lunula muncul dengan warna merah, maka bisa jadi pembuluh darah dan organ jantung kamu sedang mengalami gangguan. Selain itu, waspada pula dengan sel-sel darah yang berubah menjadi ganas serta penyakit kolagen yang menyerang pembuluh darah. Hal ini tentunya harus kamu waspadai, karena jantung merupakan organ vital dan berperan penting dalam memompa darah. Sedangkan darah sendiri adalah pengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Kedua, jika lunula muncul dengan warna biru pucat, maka waspadalah terhadap diabetes. Terlebih jika memang kamu penyuka makanan manis atau ada faktor genetik yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Segera periksakan diri ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Ketiga, lunula yang muncul akibat trauma atau disebut dengan Lunula Pyramidal. Biasanya lunula ini muncul akibat melakukan perawatan kuku (manicure). Untuk masalah satu ini mungkin tergantung kamu sendiri bagaimana menyikapinya. Jika memang tidak masalah dengan trauma yang kuku kamu alami, maka tidak ada masalah berarti di dalamnya. Namun, jika khawatir di kemudian hari terjadi masalah yang lebih serius maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

ilustrasi lunula (Naturally Daily)
ilustrasi lunula akibat manicure. (Naturally Daily)

Terakhir, jika di kuku tidak ada lunula sama sekali maka ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu kekurangan nutrisi. Selain itu anemia juga masuk dalam kategori ini. Maka dari itu, segera perbaiki pola makan kamu. Perbanyak makan makanan sehat, kurangi junkfood dan semacamnya. Konsumsi juga makanan yang berdampak untuk penyembuhan anemia.

Nah, sekarang coba cek kuku kamu. Lunula seperti apa yang ada di kuku kamu nih guys? Ingat ya, ini hanya untuk perkiraan awal saja. Jika tanda kuku yang muncul sesuai dengan tanda-tanda sakit yang kamu derita, segera periksakan diri ke dokter, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini