Info

Yuk, Ketahui Penyebab Jerawat dari Letak Munculnya

Salah satunya jerawat di pipi. Biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk tangan yang suka menyentuh wajah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Jerawat (hivemind)
Jerawat (hivemind)

Himedik.com - Bagi wanita penampilan adalah segalanya. Terutama masalah wajah, adanya jerawat bisa membuatnya murka seharian. Tak ayal hal tersebut membuat wanita melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat secara instan.

Padahal, yang perlu kamu tahu nih, penyebab jerawat itu beda-beda lho. Hal ini bisa dilihat dari posisi munculnya jerawat. Seperti apa sih penjelasannya?

1. Jerawat di dagu

Munculnya jerawat di dagu itu merupakan pertanda kadar hormon kamu sedang tidak stabil. Biasanya ini terjadi pada wanita yang akan mengalami menstruasi.

2. Jerawat di pipi

Kalau yang satu ini muncul karena kurangnya kebersihan. Seperti ketika tidur, pipi bersentuhan dengan sarung bantal yang kotor hingga pagi.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kebiasaan burukmu menyentuh wajah ketika tangan kotor atau layar ponsel kotor yang menempel di pipi.

Ilustrasi jerawat di pipi (iStock)
Ilustrasi jerawat di pipi (iStock)

3. Jerawat di hidung dan dahi

Jerawat di area T-zone biasanya disebabkan oleh stres dan kondisi kulit yang berminyak. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan jerawat muncul di area ini.

4. Jerawat di sekitar garis rambut

Munculnya jerawat di area ini biasanya disebabkan oleh kurang bersihnya dalam membilas sabun pembersih wajah. Sedangkan pada pria, bisa disebabkan oleh pengguanaan minyak rambut sehingga bisa menghalangi minyak alami yang dikeluarkan pori-pori.

Jika kamu sudah tahu penyebab munculnya jerawat, maka cara menghilangkannya pun bisa dibilang mudah juga bukan? Jadi jangan asal, kenali dulu penyebab jerawatmu!

Berita Terkait

Berita Terkini