Info

Lima Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Diri

Cuci tangan dan kaki, mandi, serta sikat gigi. Mudah namun sering diabaikan.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Mandi (fiveprime)
Mandi (fiveprime)

Himedik.com - Tidak sedikit orang yang acuh tak acuh mengenai masalah kebersihan diri sendiri. Padahal hal ini penting untuk kesehatanmu lho. Bayangkan saja, setelah seharian beraktivitas, bergumul dengan lingkungan yang mana banyak sekali bakteri bebas dan polusi.

Menjijikkan bukan? Jadi, jangan malas ya. Berikut telah dirangkum bagaimana menjaga kebersihan diri.

1. Cuci tangan dan kaki
Selesai beraktivitas dari luar rumah seperti bekerja atau jalan-jalan, usahakan untuk selalu mencuci tangan dan kaki sebelum masuk kamar atau melakukan aktivitas lain di rumah. Hal ini dimaksudkan untuk membasmi bakteri yang menempel pada kaki setelah seharian memakai kaos kaki dan sepatu.

Jangan lupa juga cuci tangan, karena barang yang kamu sentuh di tempat umum tentunya menyimpan banyak sekali bakteri.

mencuci tangan (pinterest)
mencuci tangan (pinterest)

2. Mandi
Kamu yang malas mandi, mulai sekarang sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini ya! Setidaknya dalam sehari kamu harus mandi minimal dua kali, yaitu pagi dan sore hari.

Supaya lebih optimal, seminggu sekali lakukan scrubbing supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat. Jangan lupa juga untuk keramas. Setidaknya kamu perlu membersihkan rambut 2-3 kali dalam seminggu.

Keramas (unsplash.com)
Keramas (unsplash)

3. Pastikan pakaian bersih
Sama saja bohong jika tubuh kamu sudah bersih tapi pakaian kamu masih kotor. Jadi pastikan pakaian yang kamu pakai bersih. Cuci pakaian dengan detergen dan jemur di bawah sinar matahari supaya jamur dan bakteri yang tersisa mati.

4. Sikat gigi
Kebersihan gigi dan mulut juga harus kamu perhatikan yaitu dengan rutin sikat gigi. Waktu paling ideal untuk sikat gigi adalah setelah makan dan sebelum tidur, karena bakteri perusak gigi akan lebih aktif ketika malam hari.

Sikatlah gigi secara lembut dan menyeluruh selama kurang lebih dua menit. Untuk menjaga kebersihan, ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Menggosok gigi (southeastfamilydental)
Menggosok gigi (southeastfamilydental)

5. Bersihkan kuku
Jangan abaikan kebersihan kuku, pasalnya kotoran bisa terselip dalam kuku jika kita tidak rajin memotong dan membersihkannya.

Pada umumnya setiap orang juga pasti melakukan kelima langkah di atas. Tapi tidak sedikit pula yang abai dan melewatkan.

Berita Terkini