Info

Penting, Berikut Nomor Darurat untuk Pencegahan Bunuh Diri

Nila F Moeloek, selaku menteri kesehatan menuturkan bahwa nomor darurat 119 bisa dihubungi untuk pencegahan bunuh diri

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi keadaan darurat. (mir24)
Ilustrasi keadaan darurat. (mir24)

Himedik.com - Setiap 10 September telah ditetapkan sebagai hari pencegahan bunuh diri sedunia. Dalam rangka memperingati hari pencegahan bunuh diri, sudah menjadi suatu keharusan bagi kita agar memiliki kepekaan untuk mencegah tindakan bunuh diri yang akan dilakukan seseorang.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan yaitu mengetahui dan menyimpan nomor darurat untuk mencegah tindakan bunuh diri. Sehingga ketika secara kebetulah kita melihat tindakan seseorang yang mengarah pada bunuh diri, bisa dengan sigap membantu dengan cara menghubungi nomor tersebut.

Nila F Moeloek, selaku Menteri Kesehatan menuturkan bahwa nomor darurat 119 bisa dihubungi untuk pencegahan bunuh diri. Call center tersebut juga bisa saja menghubungkan ke rumah sakit jiwa.

Penyebab umum seseorang ingin bunuh diri adalah stres atau depresi. Jadi jangan anggap remeh jika orang terdekatmu atau kamu sendiri sedang dalam fase ini.

Pasalnya pada tahun 2016 National Institute of Mental Health telah menerbitkan sebuah jurnal bunuh diri yang mana ditemukan fakta bahwa lebih dari 90% pemicu orang ingin bunuh diri adalah stres atau depresi, gangguan penyalahgunaan zat, dan gangguan mental.

Jonghyun ''Shinee'', penyanyi yang meninggal akibat bunuh diri. (billboard)
Jonghyun ''Shinee'', penyanyi muda yang meninggal bunuh diri karena depresi. (billboard)

Melansir dari Prevention, ironisnya mereka yang rentan memilih bunuh diri adalah remaja berusia 15 hingga 24 tahun karena umumnya dalam usia tersebut mereka masih sangat rapuh untuk mengenal diri sendiri.

Bunuh diri biasanya dilakukan dengan spontan ketika seseorang sudah berada pada titik tidak tahu harus bagaimana. Tidak ada yang tahu apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan seseorang, begitu pula dengan apa yang kamu sendiri rasa dan pikirkan.

Jadi jangan ragu untuk menghungi nomor di atas jika kamu merasa ingin melakukan tindakan bunuh diri. Sebisa mungkin jauhkan pikiran dari tindakan bunuh diri.

Sekarang, zaman sudah serba online. Jika terlalu malu atau takut menemui dokter, kamu bisa berkonsultasi via online atau telepon. Apalagi banyak sekali situs psikologi yang bisa kamu hubungi untuk konsultasi perihal keinginan bunuh diri.

Jangan pernah putus asa, banyak orang yang menyayangimu!

Berita Terkait

Berita Terkini