Info

Studi Buktikan Pelihara Kucing Bisa Bikin Sehat dan Bahagia

Hewan lucu dan menggemaskan ini ternyata bisa bikin pemiliknya lebih bahagia.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kucing. (shutterstock)
Kucing. (shutterstock)

Himedik.com - Memiliki hewan peliharaan di rumah memang menyenangkan. Sayangnya, beberapa orang enggan memelihara karena alasan kesehatan. Contohnya seperti kotoran kucing yang terinfeksi dan bisa menyebabkan penyakit toxoplasma sehingga berbahaya bagi ibu hamil.

Di sisi lain, memelihara kucing ternyata bisa bikin makin bahagia lho. Hal ini telah dibuktikan dari sebuah survei yang dilakukan di Skotlandia terhadap 2.200 anak dengan rentang usia 11-15 tahun.

Hasilnya, anak-anak yang memiliki ikatan kuat dengan kucing hidupnya lebih berkualitas, penuh perhatian, enerjik, semakin bugar, dan jarang terlihat sedih atau kesepian.

Sejalan dengan itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Computers in Human Behavior, menunjukkan data bahwa orang yang sekadar menonton kumpulan video kucing lebih jarang merasa sedih, kesal, atau cemas. Sebaliknya mereka malah merasa bahagia, puas, dan penuh harapan.

Kucing. (ternakkucing)
Kucing. (ternakkucing)

Meski nyatanya kucing bisa meningkatkan risiko seseorang terkena toxoplasma, namun fakta lain mengungkapkan bahwa memelihara kucing juga bisa menurunkan risiko orang terkena penyakit jantung.

Penelitian mengenai hal tersebut memakan waktu selama 13 tahun menggunakan sampel sebanyak lebih dari 4000 orang. Hasilnya, orang-orang yang memelihara kucing memiliki risiko meninggal akibat serangan jantung lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak memelihara.

Penilitian di atas memang menunjukkan kucing bisa membuat kondisi mental dan fisik seseorang menjadi lebih baik. Namun kamu juga harus sadar, bahwa kesehatan tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor semata. Pola hidup dan asupan makanan juga bisa memengaruhi semuanya.

Nah, jika kamu memelihara kucing di rumah, pastikan selalu jaga kebersihannya serta perhatikan juga kondisi kesehatannya ya!

Berita Terkait

Berita Terkini