Info

Selain Digoreng, Inilah Cara Memasak Ayam yang Lebih Sehat

Jangan terlalu sering mengonsumsi ayam goreng atau menu makanan goreng lainnya karena berbahaya bagi kesehatan.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi ayam goreng (savoryspiceshop)
Ilustrasi ayam goreng (savoryspiceshop)

Himedik.com - Memang sulit menolak lezatnya ayam goreng. Selain itu, ayam goreng juga termasuk makanan yang mudah dalam pengolahannya. Namun, terlalu banyak makan ayam goreng akan berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya ayam goreng, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng akan membahayakan kesehatan.

Makanan yang digoreng akan meningkatkan asupan lemak dan kalori lebih dalam tubuh. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko kesehatan yang buruk, seperti obesitas, stroke, dan sakit jantung.

Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi ayam goreng. Kamu bisa coba beberapa cara yang lebih sehat ini untuk menikmati ayam selain digoreng.

1. Ayam tim atau ayam kukus

Dengan dikukus, kandungan lemak dan kolesterol pada ayam lebih rendah.

Cukup mengukus ayam dibaluri olesan bawang putih bubuk, lada, dan garam akan memberikan aroma dan rasa yang sedap pada masakan ayam kamu.

2. Ayam bumbu pesmol

Biasanya, bumbu pesmol digunakan untuk memasak ikan. Tapi, ayam juga bisa dinikmati dengan olahan bumbu pesmol. Keuntungannya, ayam pesmol ini dapat menurunkan risiko kalori dan lemak berlebih.

3. Ayam saus asam manis atau saus kecap

Mudah saja, hanya bermodal kecap dan saus tomat kamu bisa menikmati olahan ayam yang satu ini. Kamu bisa menambahkan sayur, tahu, atau tempe pada menu masakan ini sehingga makanan lebih bergizi dan bervariasi.

4. Ayam panggang

Memasak ayam panggang membutuhkan minyak yang sedikit, sehingga mengurangi risiko terkena obesitas dan penyakit jantung.

Ketika memanggang, jangan gunakan aluminium foil karena berbahaya bagi kesehatan tubuh.

5. Ayam tumis

Menu masakan ayam tumis ini termasuk makanan yang sehat, karena lauk sederhana dan mudah ini mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang rendah.

Mulai sekarang, cobalah kurangi mengonsumsi dan memasak ayam goreng. Kamu juga bisa makan ayam yang lezat selain digoreng dengan variasi menu-menu di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini