Info

Ini Penyebab Rasa Lelah Saat Bangun Tidur

Dengan siapa kamu tidur semalam bisa menjadi penyebab kamu merasa lelah di pagi hari.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Rasa lelah saat bangun tidur. (unsplash)
Rasa lelah saat bangun tidur. (unsplash)

Himedik.com - Pada umumnya saat bangun tidur, seseorang merasa segar. Tetapi tak sedikit yang masih merasa lelah seolah-olah waktu tidur 8 jam belum cukup.

Kamu mungkin perlu melihat kembali aktivitas yang telah kamu lakukan sebelum tidur. Beberapa faktor mungkin menjadi alasan di balik rasa lelah tersebut.

Dilansir dari psychologytoday, HiMedik menemukan 4 penyebab rasa lelah saat bangun tidur.

1. Terkait neurobiologis. Sebelum bangun di pagi hari, kamu telah menghabiskan sebagian besar waktu tidur untuk bermimpi. Otak sangat aktif selama bermimpi dan mengonsumsi sejumlah besar molekul energi ATP.

'A' di ATP adalah singkatan dari Adenosin. Produksi dan pelepasan adenosin di otak terkait dengan aktivitas metabolisme saat kamu tidur. Peningkatan kadar adenosin di otak berhubungan langsung dengan peningkatan rasa kantuk.

Mengapa? Adenosin adalah neurotransmitter yang menghambat aktivitas neuron yang bertanggung jawab untuk membuat kamu fokus. Kamu yang bangun dan masih mengantuk serta merasa lelah karena masih ada adenosin yang terkumpul di otak saat kamu bermimpi.

2. Kualitas tidur juga dipengaruhi oleh dengan siapa kamu tidur. Bagi wanita, tidur bersama pasangannya memiliki efek negatif pada kualitas tidur, kecuali jika mereka melakukan hubungan seks.

Gangguan tidur bisa pengaruhi berat badan. (unsplash)
Gangguan tidur bisa pengaruhi berat badan. (unsplash)

 

Berbeda dengan wanita, pria memiliki kualitas tidur yang lebih rendah ketika tidur sendirian. Jadi, pria mendapat keuntungan jika tidur bersama wanita.

3. Begadang juga menjadi penyebab rasa lelah saat bangun tidur. Waktu tidur yang terlambat dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk bahkan bisa mengganggu kemampuan memori.

4. Penyebab lain kamu merasa lelah adalah makanan. Apa yang kamu makan berpengaruh terhadap tidur malam yang nyenyak.

Makan sesuatu yang manis dapat membuat kamu merasa kantuk dan lelah. Kadar gula darah yang meningkat terbukti meningkatkan aktivitas neuron. Neuron ini sangat peka terhadap rasa manis.

Jadi, kamu akan merasa kantuk ketika neuron merasakan adanya gula dalam darah. Inilah yang mungkin menyebabkan seseorang merasa kantuk di siang hari setelah makan makanan berat.

Kurang tidur bisa menyebabkan kehilangan fokus bahkan membuat halusinasi visual. Perbiasakan tidur selama 6 sampai 8 jam agar kamu tidak merasa lelah saat bangun.

Berita Terkait

Berita Terkini