Info

Tanpa Disadari, Delapan Kebiasaan Ini Bisa Rusak Kesehatan

Salah satunya yaitu mengecek email pekerjaan di rumah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cek email. (pixabay)
Ilustrasi cek email. (pixabay)

Himedik.com - Terkadang, tanpa disadari banyak hal remeh temeh dan terkesan biasa saja justru dapat merusak kesehatan. Salah satunya adalah mengecek email pekerjaan di malam hari.

Pasalnya menurut sebuah penelitian, hal ini dapat meningkatkan tekanan darah. Berikut telah dirangkum delapan kebiasaan yang tanpa disadari bisa rusak kesehatan.

1. Mengecek email ketika akan tidur

Para peneliti dari Amerika menemukan fakta bahwa mereka yang sering mengecek email pekerjaan saat sedang di rumah, dilaporkan mengalami stres dan tertekan. Supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya batasi waktu cek email paling lambat jam 6 sore.

2. Memanggang roti dengan suhu tinggi

Perlu kamu tahu, makanan bertepung seperti roti jika dipanggang terlalu lama pada suhu tinggi akan menghasilkan senyawa akrilamida. Menurut WHO, senyawa ini merupakan penyebab kanker.

3. Menggunakan pengering tangan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengering tangan tidak baik untuk kesehatan. Hal ini karena menurut sebuah penelitian menemukan fakta bahwa beberapa pengering tangan yang ada di toilet menjadi sarang bakteri baik dari kamar mandi maupun kotoran. Sebaiknya gunakan tisu untuk mengeringkan tangan dan sempurnakan dengan sanitizer.

Pengering tangan. (pixabay)
Pengering tangan. (pixabay)

4. Minum minuman panas

Kopi dan teh kerap kali disajikan panas dan banyak yang meminumnya detik itu juga. Padahal menurut WHO, minum minuman saat suhu masih panas dapat meningkatkan risiko kanker esofagus.

Supaya terhindar dari risiko kanker yang dikabarkan, alangkah baiknya untuk menunggu suhu minuman turun (dingin).

5. Menggunakan tabir surya setiap hari

Sebenarnya tabir surya sangat penting digunakan sebagai perlindungan kulit dari paparan sinar UV. Sayangnya penggunaan tabir surya tanpa jeda justru dapat membuat tubuh kekurangan vitamin D yang umumnya bisa diperoleh dari sinar matahari.

Oleh sebab itu, berjemurlah di bawah sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya setidaknya selama 30 menit di pagi hari setiap harinya supaya asupan vitamin D tetap terjaga.

6. Tidak mencuci lalapan

Banyak orang tidak mencuci lagi lalapan yang dibungkus dari tempat makan. Padahal lalapan tersebut berisiko terkontaminasi bakteri E. coli dan Salmonela.

Ilustrasi lalapan. (pixabay)
Ilustrasi lalapan. (pixabay)

7. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu kuat dapat merusak enamel gigi, meningkatkan risiko penyakit gusi, dan membuat gigi lebih rentan terhadap pembusukan.

8. Memencet jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan sehingga membuat siapapun merasa gemas untuk memencetnya. Di sisi lain memencet jerawat bisa menimbulkan bekas bahkan infeksi yang bisa membahayakan keselamatan.

Demikian delapan kebiasaan yang bisa rusak kesehatan. Kalau kamu masih melakukannya, mulai sekarang perlahan hilangkan ya.

Berita Terkait

Berita Terkini