Info

Lantunan Lagu Bisa Bantu Selamatkan Nyawa, Begini Caranya

Lagu berjudul Gives You Hell memiliki 100 ketukan per menit (BPM), sehingga cocok untuk mengiringi tindakan kompresi CardiopulmonaryResuscitation (CPR).

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi tindakan kompresi Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). (unsplash)
Ilustrasi tindakan kompresi Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). (unsplash)

Himedik.com - Percaya atau tidak, sebuah lagu dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Ya, meski terdengar mustahil, salah satu lagu berjudul Gives You Hell karya The All-American Rejects bisa melakukannya.

Lagu yang dirilis pada 2008 itu memiliki 100 ketukan per menit (BPM), sehingga cocok untuk mengiringi tindakan kompresi CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), yaitu teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. 

Trik tersebut pertama kali ditemukan oleh Rumah Sakit Presbyterian New York. Lantas mereka kemudian mengumpulkan berbagai lagu lain yang bisa membantu proses CPR ke dalam sebuah daftar main di Spotify.

Tak berhenti sampai di situ, seorang reporter berita Buzzfeed bernama Julia Reinstein memamerkan daftar lagu itu di Twitter setelah memperlajari teknik CPR. 

"Playlist musik ini cocok untuk mengiringi tindakan CPR karena terdiri dari lagu-lagu dengan beragam genre dan era. Persamaannya, semua lagu memiliki 100 ketukan per menit," tulisnya.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan deskripsi dalam kolom komentar yang ditulis Rumah Sakit Presbytarian New York. Mereka menyebutkan, 'semua lagu-lagu ini memiliki 100 BPM, ketukan yang tepat untuk melakukan CPR. Pilih saja satu untuk diingat bila kita kebetulan harus menyelamatkan nyawa seseorang.'

Bahkan, daftar main lagu tersebut juga ditautkan pada video pelatihan CPR milik rumah sakit, sehingga bisa digunakan oleh mereka yang ingin mengetahui teknik CPR dengan baik dan benar.

Melansir dari laman Mashable, playlist yang terdiri dari 47 lagu itu memuat lagu dari berbagai pemusik seperti ABBA, Michael Jackson, The Bangles, Robyn, hingga Spice Girls. Penikmat musik bisa memilih lagu kesukaan mereka dan menggunakannya untuk melakukan tindakan CPR.

Sementara itu, Tyson Ritter, vokalis All-American Rejects mengaku sangat senang lagunya bisa bermanfaat bagi orang banyak. Dia pun sampai mengungkapnya lewat media sosial.

Hingga kini, daftar main lagu itu telah memiliki sekitar 10 ribu pengikut. Dikabarkan, pihak rumah sakit akan tetap memperbarui daftar lagu bila menemukan lagu lain yang juga memiliki 100 BPM.

Berita Terkait

Berita Terkini