Info

Jangan Konsumsi Alpukat Jika Kamu Alami Ini, Waspada Nomor 3

Perhatikan nomor 3, masih banyak yang melakukannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Alpukat. (pixabay)
Alpukat. (pixabay)

Himedik.com - Selain karena harga yang terjangkau, banyaknya kandungan nutrisi yang dikandung alpukat menjadikan buah ini menjadi salah satu pilihan banyak orang.

Alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B3, B2, B1, A, fosfor, seng, zat besi, mangan, tembaga dan magnesium.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E, B6, B5, C, K, folat dan potasium. Dengan kandungan nutrisi yang banyak, alpukat sayangnya tidak bisa dikonsumsi semua orang.

Beberapa kriteria kondisi tubuh di bawah ini dilarang mengonsumsi alpukat. Pasalnya alpukat bisa memicu parahnya kondisi yang dialami.

1. Iritasi Gastrointestinal

Gastrointestinal merupakan saluran pencerna makanan. Saluran ini memecah makanan menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah.

Organ-organ yang termasuk di dalamnya adalah mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar.

Jika kamu mengalami iritasi pada saluran ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ini agar menghindari keparahan.

Alpukat. (shutterstock)
Alpukat. (shutterstock)

2. Kolesterol rendah

Diketahui alpukat bisa membuat tingkat kolesterol menjadi rendah sehingga sangat disarankan untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Alpukat mengandung beta-sitosterol yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh mereka yang memiliki tingkat kolesterol rendah.

3. Mengonsumsi obat tertentu

Konsumsi alpukat diketahui bisa membuat obat tidak bekerja, khususnya obat anti inflamasi. Reaksi alpukat juga bisa menyebabkan penipisan darah.

4. Alergi lateks

Sensitif atau alergi terhadap lateks disarankan untuk tidak mengonsumi buah ini. Pasalnya alpukat bisa membuat antibodi IgE serum dalam tubuh menjadi meningkat sehingga bisa memicu alergi.

5. Masalah hati

Seseorang yang mengalami masalah hati juga harus berhati-hati pada buah ini. Beberapa jenis alpukat diketahui mengandung estragole dan anethole yang bisa membuat kondisi hati makin parah.

Itu tadi beberapa kondisi tubuh yang tidak disarankan untuk mengonsumsi alpukat.

Berita Terkait

Berita Terkini