Info

5 Cara Alami Atasi Rasa Cemas, Salah Satunya Berhubungan Intim

Berhubungan intim dapat menurunkan respons stres tubuh.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cemas (pixabay)
Ilustrasi cemas (pixabay)

Himedik.com - Rasa cemas adalah bagian dari kehidupan dan kita semua pasti pernah mengalaminya. Ketika kamu cemas, ada beberapa hal yang dapat kamu coba untuk mengatasinya. Salah satunya adalah berhubungan intim. Bagaimana bisa?

Berhubungan intim

Kalau kamu sudah menikah, melakukan hubungan seksual ketika merasa cemas merupakan hal yang harus dicoba. Ini karena seks dapat menurunkan respons stres tubuh dan kehidupan seks yang sehat, dapat membantu membuatmu lebih bahagia, lebih sehat, serta dapat membantu menjauhkan kecemasan.

Beraktivitas di luar ruangan

Sebenarnya adanya tanaman di ruangan atau gambar alam sudah dapat mengurangi rasa cemas, marah, atau stres. Tetapi akan lebih baik jika kamu keluar rumah untuk jalan-jalan atau aktivitas lain di luar ruangan. Hal ini akan membuat suasana hati membaik, menurunkan tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan hormon stres, yang semuanya naik ketika kamu cemas.

Berkebun

Berkebun membuat otak melepaskan bahan kimia yang dapat membantu mengendalikan kecemasan. Selain itu, kegiatan berkebun berkaitan dengan aktivitas di luar ruangan dan secara tidak langsung membuat tubuh berolahraga yang mana keduanya juga baik untuk mengatasi rasa cemas.

Akupunktur

Jika kamu bukanlah orang yang takut jarum, maka metode akupuntur merupakan langkah tepat untuk membantumu merasa lebih rileks. Dengan begitu rasa cemas juga akan turut berkurang.

Tidur

Siapa yang tak suka tidur? Tidur membuat pikiran lebih segar, meningkatkan suasana hati, meningkatkan konsentrasi, dan kamu cenderung tidak akan merasa cemas jika waktu tidur cukup. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, tidurlah dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Usahakan ruangan sejuk, gelap, dan tenang, serta jangan menonton TV atau menggunakan gadget tepat sebelum tidur.

Nah, dari kelima cara di atas, mana nih yang ingin kamu coba lakukan dulu untuk mentasi rasa cemas?

Berita Terkait

Berita Terkini