Info

Terungkap, Boneka Dapat Menghibur Penderita Alzheimer

Dalam postingan tersebut terlihat para lansia yang memiliki masalah ingatan terlihat nyaman memeluk boneka.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Lansia. (pixabay/stevepb)
Lansia. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Boneka memang dapat memberikan kenyamanan bagi anak-anak. Namun, siapa sangka di kehidupan mendatang boneka mungkin juga memberikan dampak serupa bagi penderita demensia?

Dalam postingan Park Terrace Health Campus terlihat para lansia menikmati berpelukan dengan boneka kecil yang dibungkus, seolah seperti bayi. Diketahui lansia yang tinggal di panti jompo Kentucky yang memeluk boneka tersebut memiliki riwayat masalah ingatan yang beragam.

Para peneliti menyebutnya 'terapi boneka'. yang bertujuan untuk membantu orang dengan jenis demensia sedang hingga berat. Meski konsep ini bukan hal baru, tapi para ahli mengatakan banyak pro dan kontra mengenai hal tersebut.

Direktur layanan informasi dan dukungan Asosiasi Alzheimer, Ruth Drew, mengatakan bahwa terapi tersebut dapat meningkatkan suasana hati pasien, menenangkan ketika mereka gelisah, dan memberi mereka rasa persahabatan.

''Namun, beberapa orang bisa menjadi terlalu terikat pada boneka dan mengalami kecemasan jika keberadaan boneka itu disalahartikan, atau menjadi begitu terlibat dalam merawat boneka sehingga menjadi sebuah tugas yang bisa membuat mereka stres,'' katanya.

Lansia memeluk boneka. (Park Terrace Health Campus)
Lansia memeluk boneka. (Park Terrace Health Campus)

''Selain itu, beberapa pengasuh mungkin ragu untuk memberikan mainan kepada orang yang mereka cintai. Mereka mungkin merasa itu merendahkan harga diri,'' imbuh Drew.

Tetapi jika kamu termasuk orang yang terbuka terhadap gagasan itu, mungkin patut dicoba.

''Kami mendorong pengasuh untuk mengeksplorasi kegiatan yang akan melibatkan orang yang mereka rawat.''

''Orang yang hidup dengan Alzheimer, terutama pada tahap lanjutan, dapat menanggapi berbagai interaksi atau rangsangan yang berbeda,'' lanjut Drew.

''Meskipun mungkin tidak pernah ada uji coba ilmiah yang kuat yang membuktikan manfaat terapi boneka, bagi mereka yang menemukan kenyamanan, tampaknya ada cara yang aman untuk meningkatkan kehidupan orang dengan Alzheimer,'' kata Neha Pathak, MD, editor medis di WebMD.

Drew mengatakan bahwa jika boneka sepertinya bukan pilihan yang tepat, mungkin bisa mencari terapi lain yang akan dinikmati seperti musik atau hewan peliharaan.

Kuncinya adalah menemukan kegiatan yang tepat untuk orang dengan penyakit di mana mereka ingat momen itu, dan membantu mereka menikmati hidup dengan bermartabat.

Berita Terkait

Berita Terkini