Info

4 Hal Ini Akan Kamu Alami ketika Masuk Masa Menopause

Mulai dari kelebihan berat badan hingga cemas berlebih.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Ilustrasi menopause. (Unsplash/@Cathryn Lavery)
Ilustrasi menopause. (Unsplash/@Cathryn Lavery)

Himedik.com - Menopause terjadi ketika seorang wanita mencapai usia 40 atau 50an tahun. Saat memasuki masa menopause, tubuh sudah tidak bisa menjalankan beberapa fungsi.

Salah satunya adalah terjadi kekeringan pada Miss V karena produksi hormon estrogen yang semakin menurun.

Selain itu, ada juga empat hal lain yang akan terjadi pada tubuh jika sudah memasuki masa menopause.

1. Kelebihan berat badan

Wanita yang kelebihan berat badan mungkin bisa mengatasi atau menguranginya melalui diet dan olahraga. Menurut Alison J. Huang, asisten profesor di University of California San Francisco, dua solusi di atas bisa menjadi pilihan bagi wanita menopause.

2. Alergi makanan

Alergi makanan juga kerap datang di saat menopause. Sebuah studi mengatakan makanan seperti gandum, jeruk dan telur bisa memicu alergi.

Mungkin membuat jurnal makanan dan mencatat makanan yang kamu konsumsi setiap hari bisa membantumu.

Ilustrasi menopause. (Unsplash/@Socialcut)
Ilustrasi menopause. (Unsplash/@Socialcut)

3. Obat

Minum beberapa jenis obat bisa menyebabkan alergi apalagi jika tubuh sudah resisten dengan jenis obat tersebut. Jika alergi tidak hilang dalam beberapa hari, segera temui dokter.

4. Cemas

Saat memasuki masa menopause, rasa cemas seorang wanita pada umumnya akan lebih tinggi. Menurut Dr. Josh Klapow, seorang psikolog klinis, ini bisa membuat tubuh memanas.

Pelepasan epinefrin atau adrenalin oleh tubuh dapat mengintensifkan gejala peningkatan aliran darah yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh.

Inilah sebabnya mengapa seseorang akhirnya merasa panas dan berkeringat ketika dalam kondisi khawatir, stres, atau panik berlebihan.

Berita Terkait

Berita Terkini