Info

5 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Kering Tanpa Bantuan Dokter

Kamu bisa melakukan kelima cara di bawah ini di rumah.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi hidung kering. (pixabay)
Ilustrasi hidung kering. (pixabay)

Himedik.com - Akan terasa tidak nyaman dan kadang menyakitkan, ketika bagian dalam hidung kering. Dalam istilah medis, sensasi kering dalam hidung ini dikenal dengan istilah rhinitis sicca.

Biasanya kondisi tersebut akibat dari pilek atau alergi. Meski umumnya tidak berbahaya, jika tidak diobati akan menyebabkan gejala yang lebih mengganggu seperti gatal, mimisan, dan hidung mampet.

Tak perlu khawatir dan terburu-buru ke dokter, berikut telah dirangkum dari laman healthline tentang 5 cara mengatasi hidung kering.

1. Humidifier

Humidifier dapat membantu meningkatkan kelembapan ruangan, serta memberikan kelegaan pada saluran hidung.

Tempatkan pelembap udara di tengah ruangan. Jangan arahkan ke furnitur karena kelembapan yang berlebihan dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan merusak permukaan kayu.

Humidifier. (pixabay/Tiluria)
Humidifier. (pixabay/Tiluria)

2. Semprotan hidung

Semprotan hidung dapat digunakan untuk membasahi saluran hidung. Kamu dapat membelinya secara bebas tanpa resep di apotek setempat.

3. Uap

Uap juga dapat membantu meringankan hidung kering. Cukup posisikan kepala di atas bak air panas dan biarkan uap menerpa.

4. Petroleum jelly

Petroleum jelly terdiri dari campuran hidrokarbon, parafin, dan mineral oil yang berguna untuk melembapkan dan mengatasi kulit kering. Oleskan sedikit pada bagian dalam hidung, tapi usahakan untuk tidak melakukannya terlalu sering atau untuk waktu yang lama.

Pasalnya dalam sebuah kasus yang jarang terjadi, penggunaan petroleum jelly dapat menyebabkan masalah paru-paru.

Ilustrasi petroleum jelly. (pixabay/Iguanat)
Ilustrasi petroleum jelly. (pixabay/Iguanat)

5. Tisu basah

Basahi tisu wajah dengan air menggunakan botol semprot dan bersihkan sepanjang lapisan lubang hidung Anda. Ini dapat membantu mencegah pengeringan dan iritasi.

Kamu juga dapat menggunakan tisu bayi, yang dirancang untuk membersihkan area sensitif tanpa menyebabkan pengeringan yang berlebihan.

Itulah 5 cara mengatasi hidung kering yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga membantu.

Berita Terkini