Info

Pria Tertua di Dunia Masazo Nonaka Tutup Usia

Cara Nonaka menjalani hidup membuatnya panjang umur.

Galih Priatmojo | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Masazo Nonaka - (Facebook/Guinness World Records)
Masazo Nonaka - (Facebook/Guinness World Records)

Himedik.com - Masazo Nonaka, pria tertua di dunia, meninggal di usia 113 tahun. Masazo Nonaka meninggal pada Minggu (20/1/2019) dini hari ketika tidur di rumahnya, sebuah penginapan di sumber air panas di Jepang utara.

Diberitakan Evening Standard, keluarga mengatakan, Nonaka meninggal dengan damai karena faktor alamiah di rumah di Ashoro di pulau utama Hokkaido di Jepang utara.

Menurut keterangan cucu Nonaka, tak ada yang mencurigakan dari kondisinya, sampai kakak perempuan cucunya itu mengetahui bahwa ternyata sang kakek tidak lagi bernapas. Nonaka pun dinyatakan meninggal oleh dokter keluarga.

"Dia tidak memiliki masalah kesehatan. Dia pergi dengan damai, dan setidaknya itu yang bisa menghibur kami," katanya. Sang supercentenarian (orang yang berusia hingga 110 tahun atau lebih, -red) dinobatkan sebagai pria tertua di dunia tahun lalu, saat berusia 112 tahun 259 hari.

Nonaka lahir pada 25 Juli 1905, dua tahun setelah Orville and Wilbur, atau Wright Bersaudara, meluncurkan penerbangan bermesin mereka untuk pertama kalinya dan hanya beberapa bulan sebelum Albert Einstein menerbitkan teorinya tentang relativitas.

Ia tumbuh dalam keluarga yang besar dan menggantikan orang tuanya mengelola penginapan, yang sekarang dijalankan oleh cucunya. Usaha mata air panas keluarga Nonaka diketahui telah dijalankan oleh empat generasi.

Ayah lima anak ini menghabiskan masa pensiunnya menonton sumo di TV, membaca koran, dan makan permen serta kue. Tahun lalu ia mengatakan kepada Guinness World Records bahwa rahasia umur panjangnya adalah berendam di sumber air panas dan makan manisan.

Putrinya menambahkan, cara Nonaka menjalani hidup tanpa stres mungkin membuatnya panjang umur. Nonaka bahkan hidup lebih lama dari istri dan tiga dari lima anak mereka.

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Sosial Jepang, pada September 2018, negara dengan penuaan tercepat di dunia ini memiliki populasi 69.785 centenarian (orang yang berusia 100 tahun atau lebih, -red), dan hampir 90 persen dari mereka adalah wanita.

Orang tertua di dunia pun juga berasal dari Jepang. Ia adalah Kane Tanaka, seorang wanita berusia 116 tahun dari Fukuoka di pulau utama selatan Kyushu.

Berita Terkini