Info

Cukup Setengah Jam Jalan Pagi dan Ini Manfaat yang Bisa Kamu Dapat

Sering-sering jalan pagi biar kamu bisa dapat manfaat ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Jalan di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah. (pixabay)
Jalan di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah. (pixabay)

Himedik.com - Jalan pagi mungkin akan terasa berat untuk sebagian orang karena jadwal yang super sibuk. Beberapa mungkin berpikir, ''Bangun pagi aja sudah susah, masa mau jalan pagi?''

Ya, pikiran seperti itu tentu terlintas dalam benak sejumlah orang. Tak bisa dipungkiri kalau rutinitas jalan pagi masih menjadi sesuatu yang asing bagi sebagian orang.

Namun, justru aktivitas ini bisa membawa kabar baik bagimu. Mengutip dari metro.co.uk, jalan kaki setengah jam di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah.

Menurut penulis studi Australia, tidak hanya jalan pagi yang bisa menurunkan tekanan darah. Bangun secara teratur juga berefek pada penurunan tekanan darah.

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa istirahat teratur bisa lebih efektif daripada setengah jam jalan di pagi hari. Hal ini tentu penting karena semakin rendah tekanan darah maka semakin rendah pula risiko stroke dan penyakit jantung.

Jalan kaki. (shutterstock)
Jalan kaki. (shutterstock)

Para peneliti dari University of Western Australia mengamati 32 pria dan 35 wanita yang kelebihan berat badan. Mereka berusia rata-rata 67 tahun.

Mereka lalu diminta berjalan cepat selama 30 menit di pagi hari dan diselingi dengan istirahat sambil berjalan. Dalam kondisi berjalan, para peneliti melihat adanya penurunan tekanan darah dibandingkan dengan hari pertama.

Peneliti mengungkapkan berjalan pagi ditambah dengan istirahat sambil berjalan membuat tekanan darah sistolik (yang mengukur kekuatan yang dipompa jantung ke arteri) partisipan wanita turun lebih signifikan.

Penelitian tim yang sama di awal bulan juga menemukan bahwa olahraga ringan dapat memastikan aliran darah yang lebih baik ke otak.

Berita Terkait

Berita Terkini