Info

Viral Orang Menggerus Obat Tablet dan Kapsul, Awas Bahayanya pada Tubuh!

Bahaya menggerus obat tablet dan kapsul seperti postingan seseorang yang viral di Twitter.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)

Himedik.com - Sebuah postingan seseorang yang memperlihatkan dirinya menggerus obat tablet dan kapsul tengah viral di media sosial. Pemilik akun @Evobloodletters ini  seolah ingin menceritakan caranya meminum obat tablet dan kapsul.

Karena itu, ia menggerus semua obatnya sebelum diminum. Lantas melalui unggahannya, pemilik akun mengunggah foto dua sendok yang berisi obat tablet serta sendok dengan obat tablet yang sudah digerus.

"Hanya untuk orang-orang payah sepertiku," tulisnya di Twitter.

Unggahannya pun langsung direspons hampir 2 ribu orang. Banyak yang mengalami hal sama seperti dirinya, ada pula yang mengatakan tidak semua obat bisa digerus.

"Temen temen, eventho kalian gabisa minum pil atau tablet, jangan asal gerus ya, tipe obat itu beda-beda, jangan sampai kalian gerus ternyata itu sustain release yang harusnya rilis di usus atau extended release dosisnya bisa berkali kali lipat. Tolong diperhatikan," tulis @honeydewyhyuck.

Tetapi, apakah benar menghancurkan atau menggerus obat tablet maupun kapsul berbahaya?

Viral orang update minum obat tablet dengan cara digerus (Twitter/@Evobloodletters)
Viral orang update minum obat tablet dengan cara digerus (Twitter/@Evobloodletters)

 

Melansir dari NHS, Anda tidak boleh mengunyah, menggerus maupun membuka obat tablet dan kapsul sembarangan. Menggerus atau menghancurkan obat tablet hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis atau apoteker.

Karena, beberapa obat mungkin akan berbahaya atau berubah dosisnya ketika dihancurkan. Berikut ini beberapa alasan tidak boleh menggerus obat sembarangan.

1. Obat sudah dirancang untuk larut di dalam tubuh secara perlahan. Sehingga menghancurkan atau membukanya bisa menyebabkan overdosis karena obat langsung larut dalam tubuh.

2. Obat bisa bereaksi berbahaya dalam tubuh karena tidak ada lapisan luarnya, khususnya obat kapsul. Beberapa kasus cara minum obat seperti ini bisa memicu asam lambung.

3. Obat menjadi kehilangan lapisan pelindungnya ketika masuk ke dalam tubuh.

4. Menggerus obat, artinya Anda juga bisa menghirupnya. Jadi sama halnya Anda meminum sekaligus menghirup obat tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan menelan obat, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Sehingga dokter bisa meresepkan obat alternatif lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini