Info

Belajar dari Idan Separo, Ini 5 Langkah Mencegah Diabetes!

Idan Separo meninggal dunia karena diabetes yang bisa diderita oleh siapa pun, tetapi bisa dicegah dengan beberapa langkah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes - (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Pelawak Idan Separo meninggal dunia karena diabetes di Rumah Sakit Mekarsari Bekasi, kemarin Rabu (2/9/2020).

Diabetes salah satu penyakit yang paling banyak diderita orang dan bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan atau memiliki riwayat penyakit dalam keluarga.

Diabetes yang tidak ditangani segera bisa menyebabkan kematian. Adapun beberapa tips mencegah diabetes seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, antara lain:

1. Aktivitas fisik

Banyak manfaat melakukan aktivitas fisik yang bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah dan tingkat sensitivitas insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan ketahanan bisa membantu mengendalikan diabetes. Manfaat terbesar berasal dari program kebugaran yang mencakup keduanya.

Idan Separo [Instagram]
Idan Separo [Instagram]

2. Konsumsi banyak serat

Serat bisa membantu mengurangi risiko diabetes dengan mengontrol gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan berat badan.

Anda bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi, antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Menurunkan berat badan

Cara mencegah diabetes salah satunya menurunkan berat badan. Karena, setiap kilogram yang berhasil Anda turunkan bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Peserta dalam satu penelitian besar yang kehilangan berat badan dalam jumlah sedang, sekitar 7 persen dari berat badan awal dan olahraga teratur bisa mengurangi risiko terkena diabetes.

4. Hindari merokok

Kebiasaan merokok juga salah satu penyebab diabetes. Dilansir dari harvard.edu, perokok kira-kira 50 persen lebih mungkin terkena diabetes daripada bukan perokok dan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi.

5. Konsumsi alkohol dalam jumlah sedang

Mengurangi kebiasaan minum alkohol berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan mengurangi minum alkohol bisa menurunkan risiko diabetes.

Berita Terkait

Berita Terkini