Info

Linglung hingga Sembelit, Simak 5 Tanda Tubuh Dipenuhi Racun

Tubuh yang penuh racun bisa ditandai dengan berbagai kondisi kesehatan, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi sembelit. (shutterstock)
Ilustrasi sembelit. (shutterstock)

Himedik.com - Racun di tubuh bisa bisa muncul dari mana saja, baik dari bahan kimia di udara, makanan, bahkan ponsel Anda. Bagaimanapun racun dalam tubuh tentu berefek negatif pada tubuh. 

"Racun di tubuh mungkin berasal dari bahan kimia di udara, radiasi medan elektromagnetik dari ponsel Anda atau makanan olahan yang Anda makan," kata Leigh Erin Connealy, M.D. penulis The Cancer Revolution, kepada Bustle

"Berbagai penyakit bisa bermula dari racun, seperti penyakit autoimun bahkan kanker," imbuhnya.

Saat tubuh penuh racun, maka akan ada berbagai tanda-tanda yang muncul. Melansir dari Bustle, berikut adalah beberapa gejala yang muncul saat tubuh penuh racun, antara lain:

1. Brain Fog

Brain fog sering kali muncul dengan gejala kebingungan, kehilangan ingatan, linglung hingga ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

"Melalui serangkaian reaksi, racun dalam tubuh menyebabkan peradangan yang dapat melucuti vitamin esensial, mineral, dan hormon yang diperlukan untuk fungsi tubuh sehari-hari," kata Janette Nesheiwat, M.D., dokter keluarga dan pengobatan ER kepada Bustle.

Ketika dipenuhi dengan racun, maka sistem tubuh tidak akan berjalan dengan baik dan memengaruhi banyak area tubuh termasuk otak Anda.

2. Sembelit

Saat mengonsumsi makanan olahan, maka Anda mengonsumsi semua bahan kimia seperti pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Hal ini yang membuatnya menjadi racun dalam tubuh. Menurut Dr. Nesheiwat, racun dalam tubuh juga bisa menyebabkan gejala sakit perut dan sembelit.

"Ini bisa menjadi tanda kelebihan racun dan tubuh Anda merespon untuk memperlambat pencernaan," kata dokter Nesheiwat.

"Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral dapat memperkuat tubuh dan membantu menghilangkan racun," tambahnya.

3. Lemas dan Tak Berenergi

Penelitian telah menemukan hubungan antara kelelahan kronis dan paparan racun di lingkungan dari pestisida, pelarut, dan logam. Ketika racun memasuki tubuh Anda, maka dapat menyebabkan ginjal dan hati bekerja keras untuk membuang limbah di tubuh.

"Jika kita membuat ginjal kita bekerja berlebihan, maka bisa menyebabkan gejala kelelahan dan energi rendah," kata Dr. Nesheiwat.

4. Bau Badan yang Tak Biasa

Salah satu tanda utama kelebihan racun adalah bau badan yang tidak sedap. "Tubuh menciptakan gas dan bau yang merupakan produk metabolisme dan pemecahan segala sesuatu yang kita hirup, telan atau terpapar," kata Dr. Nesheiwat.

Menurut Nesheiwat, bau badan, urine, dan bau mulut adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha membuang racun.

5. Masalah Kulit

Produk seperti sampo, kondisioner, sabun, dan losion dapat mengandung bahan kimia berbahaya. "Kulit adalah organ terbesar di tubuh dan dapat membuat seluruh tubuh Anda terkena penetrasi racun," kata Dr. Nesheiwat.

Paparan racun dapat menyebabkan gejala seperti jerawat, ruam, mata bengkak, dan eksim.

Berita Terkait

Berita Terkini