Info

Perubahan Rasa Makanan Bisa Jadi Tanda Infeksi Virus Corona, Ini Sebabnya!

Perubahan rasa makanan bisa menjadi dampak infeksi virus corona Covid-19, karena virus ini memang memengaruhi indra pengecap seseorang.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi makan (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi makan (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Seseorang yang tidak bisa mencium aroma tertentu, seperti buah jeruk atau lainnya bisa jadi tanda terinfeksi virus corona Covid-19. Karena, virus corona bisa memengaruhi kemampuan indra penciuman dan perasa seseorang.

Sayangnya, banyak orang juga tidak menyadari dirinya terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak. Laporan anekdotal menunjukkan bahwa virus tidak hanya membuat kemampuan rasa dan penciuman seseorang tidak efektif.

Virus corona ini juga bisa mengubah pengalaman sensorik, termasuk mengubah rasa makanan dan minuman. Efek ini telah dibuktikan oleh Kate McHenry, pasien virus corona yang mengalami gangguan selera.

"Saya suka makanan enak, pergi ke restoran, minum dengan teman-teman, tapi sekarang semuanya sudah hilang," kata Kate McHenry mengutip dari Express, Kamis (22/10/2020).

McHenry mengaku daging yang dikonsumsinya terasa seperti bensin dan prosecco terasa seperti apel busuk. Bahkan ia juga mencium bau yang tak enak pada pasangannya.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

"Segala sesuatu seperti memiliki rasa dan bau yang sangat kuat, saya tidak bisa merasakannya. Saya kebanyakan mengonsumsi makanan Jamaika dan tidak bisa merasakannya sama sekali. Semuanya terasa seperti kertas atau karton," jelasnya.

Satu studi terbaru oleh Northwestern Medicine mengamati hilangnya rasa pada hampir 16 persen pasien virus corona Covid-19. Lalu, mereka menemukan hilangnya indra penciuman akibat virus corona terjadi pada 11 persen pasien.

Studi tersebut melibatkan 509 pasien dengan gejala virus corona sangat parah sehingga membutuhkan rawat inap.

Menurut NHS, seseorang harus melakukan tes medis segera bila memiliki gejala utama virus corona Covid-19. Selama menunggu hasil tes medis, Anda juga disarankan untuk tetap di rumah dan tidak menerima tamu.

Adapun gejala utama virus corna Covid-19 termasuk suhu tinggi, batuk persisten yang biasanya terjadi selama 24 jam lebih.

Berita Terkait

Berita Terkini