Info

Dokter Temukan Penyebab Virus Corona Covid-19 Picu Diabetes Tipe 1

Dokter telah menemukan penyebab virus corona Covid-19 bisa memicu diabetes tipe 1.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi diabetes tipe 1 - (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi diabetes tipe 1 - (Pixabay/stevepb)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 tidak hanya mempengaruhi pernapasan, tetapi juga berbagai organ tubuh lainnya, seperti jantung, hati, ginjal dan lainnya.

Dr Quinton Fivelman PhD, kepala petugas ilmiah di London Medical Laboratory, mengatakan sekarang ini para peneliti sedang prihatin dengan dampak infeksi virus corona Covid-19 pada organ tubuh.

Dr Quinton Fivelman PhD mengatakan virus corona Covid-19 ini berinteraksi dengan reseptor yang disebut ACE-2 untuk menyusup ke sel-sel di organ tubuh, termasuk pankreas yang mungkin juga mengganggu metabolisme gula.

"ACE-2 yang ditemukan di pankreas nampaknya ada bukti bahwa itu juga bisa mengubah cara kerja sel Beta," kata Dr Fivelman dikutip dari Express.

Dr Fivelman mengutip dua Penelitian Amerika, dari Weill Cornell Medicine dan Stanford University School of Medicine. Kedua penelitian menemukan adanya virus corona Covid-19 dalam sel B pankreas dari pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 (Pixabay)

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa infeksi virus corona Covid-19 pada sel pankreas bisa menyebabkan diabetes tipe 1 pada beberapa kasus. Sementara itu, lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk menentukan beberapa signifikan hubungan ini.

Penelitian yang sedang berlangsung sekarang ini juga berusaha mencari tahu virus corona Covid-19 ini menyebabkan peradangan dalam tubuh dan resistensi insulin atau tidak.

"Artinya, tubuh tidak bisa menggunakan insulin alami yang dihasilkan dengan baik. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan gejala diabetes," kata Dr Fivelman.

Tanda-tanda awal Anda menderita diabetes adalah keseringan buang air kecil, sering haus, sering merasa lelah, mengalami penurunan berat badan yang tak terduga dan penglihatan kabur.

"Jaga kadar gula darah Anda tetap normal membutuhkan keseimbangan dari glukagon dan sekresi insulin pada waktu yang tepat. Kurangnya sekresi insulin bisa mengakibatkan diabetes tipe 1. Kondisi ini mungkin di picu oleh virus corona yang menyerang sel pankreas," jelasnya.

Selain temuan mengenai virus corona yang bisa memicu diabetes, dokter juga menemukan beberapa orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 mengalami peningkatan kadar gula darah.

Bahkan, beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa virus corona Covid-19 ini mungkin akan memicu efek diabetes tipe baru. Hal ini mungkin terkait dengan kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang pada pasien Long Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini