Pria

Mitos Tauge Meningkatkan Vitalitas Pria, Begini Penjelasan Ahli

Mitosnya tauge dapat meningkatkan vitalitas pria. Benarkah demikian?

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi pasutri. (shutterstock)
Ilustrasi pasutri. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi pasutri yang segera ingin punya momongan, kerap kali sang suami disarankan makan tauge. Mitosnya tauge dapat meningkatkan vitalitas pria. Benarkah demikian?

Menurut nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD pemahaman tersebut sampai saat ini masih belom teruji secara ilmiah. Oleh karena itu, belum diketahui tingkat keakuratannya. "Dari segi gizi, sebanyak 30 persen ketidaksuburan dipengaruhi gaya hidup. Terutama pola makan yang tidak sehat," kata Jansen Ongko.

Tauge sendiri merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya tauge berasal dari kacang hijau, tetapi juga ada yang dari kecang kedelai. Proses pertumbuhan biji menjadi tauge merupakan proses yang memecah bentuk biji-bijian.

Masakan berbahan tauge. (shutterstock)
Masakan berbahan tauge. (shutterstock)

Jansen menjelaskan bahwa proses inilah yang membantu meringankan kerja sistem pencernaan dalam tubuh dan membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc yang terkandung dalam tauge.

Selain itu, tauge juga mengandung vitamin B, E, dam karotenoid yang tinggi. Meski demikian, Jansen Ongko berpesan agar tidak mengonsumsi tauge mentah karena memiliki bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan, seperti bakteri salmonella dan E.coli.

Nah, untuk meningkatkan kualitas sperma lebih dianjurkan untuk menerapkan pola makan seimbang. Kurangi makanan yang mengandung lemak trans dan tinggi gula karena dapat mempengaruhi hormon estrogen dan meningkatkan berat badan.

Menurut Jansen Ongko sebaiknya tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, E, dan B kompleks. Vitamin ini penting untuk mengatur hormon dan memperbaiki kualitas sperma.

Berita Terkait

Berita Terkini