Pria

Jumlah Push Up Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Jaga jantungmu dengan sering push up ya.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Jumlah push up terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. (Unsplash/Sam Owoyemi)
Jumlah push up terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. (Unsplash/Sam Owoyemi)

Himedik.com - Push up telah menjadi salah satu rekomendasi olahraga oleh sejumlah ahli kebugaran karena berbagai alasan, salah satunya bisa menjaga kesehatan jantung.

Melakukan push up juga mampu membangun otot serta membakar kalori. Kamu juga bisa melakukannya di mana dan kapan saja tanpa harus pergi ke gym dan menghabiskan banyak uang.

Bicara soal push up, melansir dari ndtv, push up yang dilakukan sebanyak 40 atau lebih bisa membantu memperkuat tubuh bagian atas.

Ini juga dapat membantu mencegah masalah kardiovaskular, terutama jika kamu seorang pria. Penelitian ini dilakukan oleh para dokter di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan.

Mereka membandingkan kesehatan kardiovaskular dari 1104 pria dewasa yang aktif olahraga selama rentang waktu 10 tahun.

Semua peserta adalah petugas kebakaran dengan usia rata-rata 40 tahun. Pada awal penelitian mereka melakukan pemeriksaan fisik dan pengujian yang termasuk melakukan push up.

Push up. (shutterstock)
Push up. (shutterstock)

 

Pada dekade berikutnya, 37 pria mengalami masalah kardiovaskular, seperti penyakit arteri koroner, gagal jantung atau kematian jantung mendadak.

Semakin tinggi tingkat kebugaran mereka, berdasarkan berapa banyak push up yang bisa mereka lakukan, semakin rendah risiko kardiovaskular mereka.

Mereka yang mampu melakukan lebih dari 40 push up mengalami pengurangan risiko terbesar penurunan risiko jantung sebesar 96 persen dibandingkan dengan mereka yang hanya mampu melakukan 10 kali atau lebih sedikit.

Berita Terkait

Berita Terkini