Wanita

Anda Wanita Perokok? Awas Penyakit ini Mengintai Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahaya rokok pada wanita lebih berat bila dibandingkan pria.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bahaya rokok bagi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi bahaya rokok bagi ibu hamil. (Shutterstock)

Himedik.com - Dewasa ini, tren merokok tidak hanya dilakukan oleh kaum pria. Kini, wanita juga banyak yang menjadi pencadu rokok. Tentu bahaya yang mengintai sama, bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahaya rokok pada wanita lebih berat bila dibandingkan pria.

Dilansir dari berbagai sumber, Himedik merangkum beberapa bahaya kesehatan yang mengintai wanita perokok. Yuk, simak ulasannya.

1. Risiki Kontrasepsi

Wanita perokok yang menggunakan kontrasepsi oral akan berisiko mengalami bahaya serius. Salah satunya meningkatkan risiko penyakit kordivaskular, seperti penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke. Risiko ini meningkat seiring bertambahnya usia.

2. Gangguan Kehamilan

Bayi yang lahir dari ibu perokok akan lebih sering mengalami pilek, sakit telinga, masalah pernapasan, dan penyakit yang membutuhkan kunjungan dokter lebih banyak dari anak-anak yang lahir bukan dari ibu perokok. Bahaya ini didapat karena tingkat nikotin yang mengalir dalam aliran darah sang ibu sangat tinggi.

3. Kesuburan Menurun

Studi menunjukkan bahwa penurunan respons ovulasi, serta gangguan pembuahan dan implantasi zigot lebih mungkin terjadi pada wanita yang merokok. Karena bahan kimia dalam tembakau dapat mengubah cairan serviks, sehingga beracun untuk sperma dan menyebabkan kesulitan hamil.

Selain itu, wanita perokok juga rawan terserang penyakit radang panggul. Penyakit radang panggul merupakan penyakit yang memerlukan intervensi medis exstra. Dan paling radang panggul ini sering berpengaruh dalam kehamilan ektopik, pelengketan pelvis, dan masalah kesuburan lainnya.

4. Masalah menstruasi

Masalah menstruasi, seperti pendarahan abnormal, amenore (tidak adanya periode mens), vagina berbau, dan infeksi adalah keluhan umum bagi kalangan wanita perokok. Tak hanya itu, wanita perokok akan merasakan gejala menopose dua sampai tida tahun lebih cepat dibanding dengan bukan perokok.

Gangguan menstruasi dan menopose dini disebabkan oleh efek toksin pada indung telur atau dengan kata lain tingkat estrogen lebih rendah.

Itulah empat gangguan kesehatan yang mengintai wanita perokok. Yuk, mulai sekarang berhenti merokok demi kehidupan Anda dan keluarga Anda!

Berita Terkait

Berita Terkini