Wanita

Lima Tips Mudah Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Sering kram perut saat datang bulan? Jangan cepat-cepat minum obat ya. Coba ikuti tips mudah ini yuk!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Tak bisa terelakkan jika hampir semua wanita merasakan sakit di hari-hari pertama datang bulan.

Kamu mungkin salah satunya yang sering mengalami ini. Kamu bahkan bisa tidur seharian karena rasa sakit ini.

Segala pekerjaan terhambat, bahkan untuk makan pun kamu tak sanggup. Biasanya, kamu mengambil jalan pintas berupa minum obat dokter atau minum minuman penghilang rasa sakit.

Daripada kamu terus-terusan minum obat, lebih baik kamu ikuti lima tips untuk membantu hilangkan rasa sakit saat menstruasi ini, dilansir dari everydayhealth.

1. Perbaiki pola makan

Diet vegetarian/pexels
Diet vegetarian/pexels

Aldo Palmieri MD, seorang ob-gyn di UCLA Health dan profesor kebidanan dan ginekologi di UCLA David Geffen School of Medicine di Los Angeles, mengatakan diet rendah lemah bisa bantu kamu dalam hal ini.

Mengurangi lemak dan meningkatkan sayuran dalam makanan tak hanya membantu kesehatan secara umum tapi juga bisa menghilangkan rasa sakit saat datang bulan.

American Heart Association (AHA) menyarankan jika kamu ingin mengonsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak atau bebas lemak.

2. Teh herbal

Jenis teh tertentu dapat meredakan kram menstruasi, kata Sonya Angelone, ahli gizi diet terdaftar di daerah San Francisco Bay.

Menurut University of Maryland Medical Center di Baltimore, kamu bisa rebus dua sendok teh kulit dan didihkan selama sekitar 15 menit. Minum tiga kali sehari.

Teh dengan minyak peppermint juga bisa membantu. Namun, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

3. Minyak Ikan dan Vitamin B1

Minyak ikan/pexels
Minyak ikan/pexels

Penelitian yang dipublikasikan pada September 2014 di Global Journal of Health Science menjelaskan minyak ikan dan vitamin B1 bisa mengurangi rasa sakit.

Sebanyak 240 remaja terlibat dalam sebuah penelitan. Mereka dibagi dalam dua kelompok kemudian diminta untuk mengonsumsi 100 mg vitamin B1 dan 500 mg suplemen minyak ikan setiap hari.

Hasilnya mereka yang mengonsumsi minyak ikan dan vitamin B1 memiliki rasa sakit yang jauh lebih sedikit dan tak berlangsung lama daripada mereka yang tidak.

4. Pijat dengan minyak esensial

Pijat adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa kram saat menstruasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2012 di Journal of Obstetrics and Gynecology Research mengatakan minyak esensial seperti lavender bisa kamu gunakan untuk masalah ini.

Pijat dengan lembut ya dan pastikan minyak esensial yang kamu gunakan adalah bahan yang aman untuk menghindari iritasi pada kulit.

5. Tambahkan zat magnesium dalam makananmu

Bayam/pexels
Bayam/pexels

Tahukah kamu bahwa sakit yang kamu alami bisa saja karena kamu kekurangan zat magnesium dalam makanan?

DeJarra Sims, ND, asisten profesor obat naturopati di kampus California Bastyr University di San Diego dan penulis Your Healthiest Life Now, mengatakan magnesium dapat membantu meringankan rasa sakit.

Zat ini bisa mengatur fungsi saraf dan otot sehingga bisa bantu meringankan rasa sakit. Kamu bisa konsumsi kacang-kacangan atau sayur bayam untuk hindari masalah ini.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan rasa sakit saat menstruasi? Jika keluarga atau temanmu ada yang mengalami masalah ini, tak ada salahnya kamu berbagi.

Berita Terkait

Berita Terkini