Wanita

6 Bahan Alami Untuk Obati Infeksi Jamur pada Miss V

Infeksi jamur yang menyerang Miss V bisa kamu obati dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Masalah kewanitaan/vitaMedMD
Masalah kewanitaan/vitaMedMD

Himedik.com - Infeksi jamur terjadi karena pertumbuhan bakteri Candida albicans yang berlebihan. Bakteri ini merupakan penyebab dari infeksi pada kulit serta organ dalam tubuh manusia.

Pertumbuhan berlebih ini menyebabkan gatal, peradangan, rasa sakit dan iritasi. Jika kamu baru pertama kali terkena penyakit ini, maka sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter sebelum infeksi makin parah.

Namun, jika infeksi ini pernah kamu alami dan tak ingin bertemu dokter lagi, kamu bisa coba solusi alami yang juga efektif. Dari boldsky, HiMedik merangkum 6 bahan alami untuk mengobati infeksi jamur pada Miss V.

1. Minyak esensial

Minyak esensial adalah minyak yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi jamur pada Miss V. Minyak ini juga bisa mempertahankan keseimbangan bakteri pada organ intim wanita ini.

Kamu bisa campur minyak esensial beberapa tetes dengan minyak kelapa kemudian aplikasikan ke dalam Miss V. Ingat jangan pernah meminum minyak esensial ya.

Minyak esensial dijual online atau kamu bisa membelinya di apotek.

Minyak esensial/unsplash
Minyak esensial/unsplash

2. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani/Amazon.com
Yogurt Yunani/Amazon.com

Yogurt mengandung actobacillus acidophilus yang dianggap sebagai probiotik. Bakteri ini baik untuk kesehatan Miss V serta bisa menyembuhkan pertumbuhan jamur berlebih.

Yogurt ini adalah obat alami untuk mengobati infeksi jamur pada Miss V. Pastikan penggunaan yogurt ini tanpa tambahan gula ya karena dapat memicu jamur Candida.

3. Minyak kelapa murni

Kelapa/unsplash
Kelapa/unsplash

Minyak kelapa dikenal sebagai minyak anti jamur. Pastikan kamu menggunakan minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil untuk mengobati infeksi jamur pada Miss V.

Kamu cukup rendam tampon bersih dengan sejumlah VCO di dalamnya. Kemudian masukkan ke dalam Miss V.

4. Cuka apel

Cuka apel/Healthline
Cuka apel/Healthline

Tuangkan 1/2 cangkir cuka apel ke dalam bak mandi dan tambahkan air hangat. Kemudian biarkan selama 20 menit. Air dengan campuran cuka apel bisa membunuh semua bakteri dan jamur yang berbahaya.

Jangan pernah douching atau menggunakan pembersih apa pun karena ini hanya membuat jamur berkembang biak. Cukup dengan mandi air hangat dicampur cuka apel bisa mengobati infeksi jamur pada Miss V.

5. Vitamin C

Vitamin C/TheHealthSite.com
Vitamin C/TheHealthSite.com

Sistem imun yang kuat berarti tubuh memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan di dalamnya. Vitamin C adalah salah satu solusi untuk bisa memiliki sistem imun yang kuat.

Pastikan untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu dengan cukup mengonsumsi vitamin C setiap hari ya.

6. Bawang putih

Bawang putih/pexels
Bawang putih/pexels

Bawang dianggap sebagai salah satu solusi untuk membunuh Candida. Gunakan bawang putih dalam setiap masakan untuk menjaga infeksi jamur di Miss V.

Semoga beberapa bahan alami di atas bisa bantu kamu obati infeksi jamur pada Miss V ya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini