Wanita

Makan Lebih dari 5 Porsi Buah dan Sayur Kurangi Kanker Payudara

Begini menurut penelitian. Simak yuk!

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Sayuran/unsplash
Sayuran/unsplash

Himedik.com - Buah dan sayur punya andil besar untuk tubuhmu. Meski banyak yang sadar akan hal ini, namun masih ada segelintir orang yang belum mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut sebuah penelitian, buah akan menjadi bermanfaat jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan belum terisi, atau dengan kata lain makan buah sebelum makan yang lainnya.

Saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam buah bisa terserap ke dalam tubuh, sedangkan ketika perut sudah terisi maka kandungan di dalamnya akan larut di usus yang kemudian akan membusuk di sana.

Nah, kali ini ada penelitian baru tentang buah dan sayur yang bisa mengurangi risiko kanker payudara. Dari dailymail, wanita yang makan setidaknya lima porsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Para peneliti menemukan wanita yang mematuhi pedoman nutrisi resmi memiliki peluang 11 persen lebih rendah untuk terkena penyakit.

Brokoli, kubis Brussel, wortel dan paprika kuning adalah yang paling kuat menghasilkan efek. Untuk mencapai kesimpulan ini, peneliti Harvard University menganalisis data dari 182 ribu wanita selama 37 tahun.

Sayuran/pexels
Sayuran/pexels

Menurut peneliti dari Harvard School of Public Health di Amerika, sayuran berwarna oranye dan kuning serta varietas daun dari kubis hingga kembang kol adalah yang paling bermanfaat.

Peserta menyelesaikan kuesioner diet selama empat tahun kemudian dibandingkan dengan risiko diagnosis. Data tentang faktor risiko lain seperti usia, berat badan, riwayat merokok dan riwayat kanker keluarga juga diteliti.

Selain itu, peneliti juga membandingkan risiko kanker antara wanita yang makan 5.5 porsi buah dan sayur sehari dan mereka yang makan kurang dari 2.5 porsi. Satu porsi sama dengan 8 ons sayuran berdaun mentah, 4 ons sayuran yang sudah dimasak atau 3 ons buah yang dicincang atau dimasak.

Mereka menemukan wanita yang makan setidaknya 5.5 porsi buah dan sayur setiap hari memiliki 11 persen lebih rendah berisiko terkena kanker payudara.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer ini menjelaskan masih banyak wanita, juga pria dan anak-anak berjuang untuk makan 400g buah dan sayur setiap hari yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Menurut para peneliti, serat dalam buah dan sayur yang bisa mencegah kanker.

Semoga kamu semakin sadar ya pentingnya buah dan sayur bagi kesehatanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini