Wanita

Khasiat Air Lemon untuk Ibu Hamil

Selain baik untuk perkembangan calon bayi, air lemon juga bermanfaat untuk meredakan mual sang ibu saat hamil.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi air lemon. (Clean Food Crush)
Ilustrasi air lemon. (Clean Food Crush)

Himedik.com - Lemon adalah salah satu jenis buah yang kaya nutrisi. Oleh sebab itu, buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Manfaatnya pun banyak, selain airnya dapat menghilangkan dahaga sang ibu, juga baik untuk perkembangan calon bayi.

Hasil studi, air lemon mengandung vitamin A dan C, folat, zat besi, magnesium, fosfor, niasin, serta riboflavin. Kesemua nutrisi ini berguna menjaga kesehatan janin dan perkembangannya. Selain itu, air lemon juga bermanfaat untuk meredakan mual sang ibu saat hamil.

Praktiknya konsumsi air lemon secara rutin di pagi hari agar terhindar dari morning sickness. Utamanya saat menginjak kehamilan pada trimester pertama.

Air lemon juga bisa menjadi solusi agar terhindar dari dehidrasi. Karena satu buah lemon mengandung cukup banyak air. Agar bisa menjadi minuman harian, peras buah lemon kemudian tambahkan segelas air putih dan madu secukupnya.

Meski buah lemon banyak manfaat, bagi ibu hamil yang memiliki riwayat maag atau penyakit perut lainnya harap waspada dalam mengonsumsi. Sebab pada trimester akhir kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami gangguan pencernaan (heartburn).

Jadi seyogyanya hindari mengonsumsi lemon hingga benar-benar gejala sakit perut menghilang. Semoga bermanfaat ya moms!

Berita Terkait

Berita Terkini