Wanita

Empat Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Wanita Di Usia 30-an

Di usia 30-an, wanita mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya. Berikut perubahan-perubahan yang terjadi.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/unsplash
Ilustrasi/unsplash

Himedik.com - Di usia 30-an, seorang wanita dapat membawa perubahan pada karier, kehidupan pribadi dan tentu saja kesehatan. Pada umur ini, tubuh juga mengalami perubahan yang tentunya berbeda saat usia 20an.

Beberapa perubahan pada tubuh saat berada di usia 30-an telah HiMedik rangkum, dilansir dari medicaldaily.

1. Massa tulang mulai berkurang secara bertahap

Massa tulang bertambah saat kamu berada di usia 20an. Menginjak usia 30an, penurunan massa tulang mulai terjadi. Kondisi ini sering disebut osteoporosis, yaitu kondisi saat tulang menjadi rapuh. Karena faktor hormonal dan tulang yang lebih kecil, wanita umumnya lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan pria.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengonsumsi cukup kalsium dalam diet dan juga melakukan latihan penguatan tulang seperti angkat berat atau bersepeda.

2. Rentan mengalami kenaikan berat badan

Penurunan massa otot dapat menyebabkan proporsi lemak menjadi lebih tinggi. Di sini, gaya hidup punya peran penting dalam kenaikan berat badan.

Duduk terlalu lama bisa menjadi faktor utama dalam hal ini. Menurut Brunilda Nazario, associate medical director di WebMD, metabolisme tubuh mulai menunjukkan tanda-tanda pelambatan pada usia 20an, namun terlihat lebih jelas ketika kamu menginjak usia 30an.

Ilustrasi/unsplash
Ilustrasi/unsplash

3. Periode menstruasi mungkin mengalami perubahan

Beberapa faktor dari fluktuasi hormonal hingga perimenopause - dapat memicu ketidakteraturan periode mens atau bahkan rasa sakit. Endometriosis juga umum terjadi pada usia ini.

Selain itu, beberapa wanita mengungkapkan menstruasi menjadi kurang menyakitkan ketika melahirkan. "Ini biasanya karena serviks telah meluas dan akan memungkinkan darah mengalir dengan lebih sedikit kebutuhan untuk kontraksi uterus," kata Caleb Backe, seorang ahli kesehatan dan kebugaran di Maple Holistics.

4. Kulit lebih rentan kering

Menurut penjelasan dokter kulit Melissa Kanchanapoomi Levin, instruktur klinis di NYU Langone dan Mount Sinai, dibutuhkan waktu lebih lama pada lapisan atas kulit untuk mengelupas sehingga bisa membuat kulit lebih kusam dan kering.

Pada usia ini, produksi faktor-faktor penghidrasi pada kulit seperti asam hyaluronic menjadi lambat.

 

Berita Terkait

Berita Terkini