Wanita

Ini yang Terjadi pada Anak bila Ibu Menyusui Minum Alkohol

Minum alkohol saat ibu masih menyusui dapat membahayakan anak.

Ririn Indriani

Ilustrasi ibu minum alkohol sambil menggendong bayi. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu minum alkohol sambil menggendong bayi. (Shutterstock)

Himedik.com - Para ibu harus tahu apa risiko yang bisa dialami anak bila ibu menyusui minum alkohol.

Sebagai seorang ibu, Anda tentu sudah sangat paham bahwa merokok atau minum alkohol selama kehamilan dan tahap menyusui dapat membahayakan bayi.

Sebuah studi baru oleh American Academy of Pediatrics yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa ibu menyusui minum alkohol dan merokok dapat menurunkan kemampuan kognitif anak.

"Bayi yang terpapar alkohol melalui ASI dapat menyebabkan penurunan pada kemampuan kognitif mereka tergantung dosis alkohol yang Anda minum. Penurunan ini dapat diamati pada usia 6 hingga 7 tahun," tulis penelitian tersebut dilansir The Health Site.

Lebih lanjut, penelitian ini menambahkan bahwa anak-anak dari ibu yang mengonsumsi alkohol yang tinggi memiliki nilai penalaran non-verbal yang lebih rendah.

Berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa asupan alkohol dalam jumlah besar selama kehamilan memang akan menghasilkan pertumbuhan yang buruk dan perkembangan otak yang tidak tepat pada bayi.

Karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit selalu menghimbau agar para perempuan harus menjauhkan diri dari alkohol sejak mereka mengandung.

Namun, bagi mereka yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini, sebaiknya konsumsilah alkohol 2 jam sebelum menyusui bayi. Ingat bahwa kandungan alkohol dalam ASI bisa bertahan sekitar 30 menit dan hingga 2-3 jam setelah dikonsumsi.

Namun yang perlu ditekankan, konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan rendahnya produksi ASI untuk seorang ibu. Jadi ibu menyusui, sebaiknya berpikir setidaknya 10 kali sebelum minum segelas alkohol. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini