Wanita

Tips Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Salah satu tips bagi ibu hamil nih, hindari tidur dengan posisi telentang

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Posisi tidur ibu hamil (shutterstock)
Posisi tidur ibu hamil (shutterstock)

Himedik.com - Salah satu yang sering dialami dan dikeluhkan ibu hamil, terutama saat trimester akhir adalah gangguan tidur. Saat perut semakin membesar membuat posisi tidur ibu hamil jadi serba salah.

Dalam kondisi ini, khususnya saat umur janin lima bulan ke atas, ibu hamil sering mengalami kesulitan dalam mengubah posisi saat tidur.

Posisi tidur ibu hamil jangan dianggap sebagai hal sepele lho, karena jika salah dapat mengganggu kesehatan seperti, nyeri otot, pembengkakkan kaki, hingga turun dan naiknya tekanan darah.

Agar ibu tetap nyaman saat tidur, yuk simak beberapa tips ini.

1. Hindari posisi telentang

Banyak orang percaya jika sedang hamil harus tidur dengan posisi telentang agar janin tidak ‘terjepit’. Namun hal itu salah.

Jika umur kandungan sudah lima bulan keatas sebaiknya ibu hindari tidur dengan posisi telentang, karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya penghambatan tekanan darah ke tubuh ibu termasuk ke janin.

2. Gunakan bantal

Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasa sesak napas, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Bila ibu hamil merasakan nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. 

Atau, ibu juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil saat tidur.

3. Menyamping ke kiri

Sebagian ahli menganjurkan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Saat dalam posisi ini, ibu bisa meletakkan bantal diantara kedua lutut yang ditekuk. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal.

Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Hal ini karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh.

Namun, menurut sebagian ahli tidak perlu terlalu memusingkan apakah menyamping ke kiri atau ke kanan, selama posisi tersebut membuat ibu hamil merasa nyaman.

Satu lagi tips penting, selama kehamilan, ibu hamil perlu mendapatkan tidur yang cukup. Tepatnya sekitar 8 jam setiap malam. Sebab kualitas tidur ibu hamil juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kehamilan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini