Wanita

Freckles: Antara Tren Make-up dan Kacamata Kesehatan

Freckles atau bintik gelap di wajah terjadi karena faktor genetik atau paparan matahari.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi freckles (wykop.pl)
ilustrasi freckles (wykop.pl)

Himedik.com - Dewasa ini tren make-up memang semakin aneh saja. Jika dulu freckles ditutupi dengan penggunaan make-up, sekarang malah sebaliknya. Freckles dibuat dengan sengaja mengandalkan trik make-up. Freckles sendiri merupakan bintik coklat kecil-kecil yang muncul pada area wajah, leher, dada, dan lengan. Lalu apakah berbahaya?

Dari segi kesehatan menurut dr. Alyssa Diandra, freckles ini tidaklah berbahaya. Meski demikian, mereka dengan bintik coklat memiliki risiko terkena kanker kulit. Oleh sebab itu, segera konsultasikan ke dokter kulit jika dirasa hal tersebut sudah sangat mengganggu dan khawatir akan hal yang tidak diinginkan terjadi.

Lalu siapakah yang rentan memiliki freckles di wajah?

Seseorang dengan keturunan memiliki freckles, akan mengalami hal tersebut juga. Hal ini terjadi karena kadar pigmen gelap (melanin) pada kulit ditentukan oleh gen. Selain itu, terkena sinar matahari yang terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu berkepanjangan juga bisa mengakibatkan bintik gelap muncul.

Luka bakar karena sinar matahari akan memicu melanosit untuk memproduksi melanin lebih banyak. Melanosit sendiri merupakan kumpulan sel pada epidermis yang memproduksi melanin. Fungsinya untuk menyerap sinar UV serta melindungi kulit. Maka itulah freckles muncul sebagai respon alami dalam upaya perlindungan kulit.

ilustrasi anak dengan freckles (pixabay)
ilustrasi anak dengan freckles (pixabay)

Sudah jelas bukan bahwa freckles bukanlah hal asing. Ini sangat biasa terjadi dan akan jelas terlihat pada seseorang yang memiliki kulit putih. Bahkan juga bisa muncul ketika seseorang masih dalam usia 1 tahun. Freckles biasanya muncul berkelompok di bawah area mata.

Adakah cara untuk menghilangkannya?

Menurut dr. Jati Satriyo, freckles bisa dihilangkan dengan pemakaian krim pemutih. Usaha lain yang bisa dilakukan adalah dengan terapi laser dan juga konsumsi obat retinoid. Obat retinoid ini dibuat dari vitamin A yang berguna untuk mencerahkan warna kulit.

Untuk kamu yang memiliki freckles, dr. Alyssa Diandra menyarankan agar menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30. Selain itu, kurangi juga aktivitas di luar ruangan. Terutama ketika matahari sedang terik-teriknya, yaitu sekitar di atas jam 10.

Kesimpulannya, tren make-up freckles ini memang memberi dampak positif bagi seseorang yang memilikinya. Dulunya, penampilan dengan freckles membuat seseorang terlihat aneh, sekarang tidak lagi.

Berita Terkini