Wanita

Kedua Anaknya Berkebutuhan Khusus, Agatha Suci Tetap Tegar

Kedua anak Agatha Suci didiagnosis memiliki masalah gangguan saraf yakni sensory processing disorder atau SPD.

Rauhanda Riyantama

Agatha Suci bersama suami dan kedua anaknya. (Instagram/agatha_suci)
Agatha Suci bersama suami dan kedua anaknya. (Instagram/agatha_suci)

Himedik.com - Menjadi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus tentu sangat berat. Hal tersebut diakui oleh Agatha Suci, penyanyi jebolan Indonesia Idol angkatan pertama bersama Joy Tobing dan Delon.

Agatha diketahui memiliki dua orang anak bernama Kaila Adinda (8 tahun) dan Arsa Nuraga (6 tahun). Keduanya didiagnosis mengalami masalah gangguan saraf yakni sensory processing disorder atau SPD, atau biasa disebut autis.

SPD merupakan kondisi neurologis yang kompleks, karena otak mengalami kesulitan menerima dan merespons informasi yang diterima oleh sistem syaraf.  Bahkan, orang yang mengidap SPD bisa salah menginterpretasikan hal yang dialaminya.

"Dua anakku berkebutuhan khusus. Aku sangat mensyukuri diberikan kesempatan menjadi orang yang berbeda dengan dulu. Sekarang lebih empati, lebih mampu mensyukuri apa yang aku dapat," kata Agatha yang hadir dalam kampanye #SiapaBilangGakBisa di Jakarta, seperti dikutip Suara.com.

Meski selalu tampak ceria, perempuan berusia 33 tahun tersebut terang-terangan mengakui bahwa dirinya sempat mengalami jatuh bangun. Namun, berkat dukungan orang-orang terdekatnya ia mampu bangkit dan menjalaninya.

"Mamaku pernah bilang, ini semua bukan karena karma buruk. Bukan karena hal buruk yang pernah kamu lakukan di masa lalu, tetapi karena Tuhan tahu kamu bisa menjalani ini.  Kamu orangtua terbaik bagi cucu mama," kata Agatha sambil terisak tangis.

Baginya, perjalanan ini merupakan cara Tuhan untuk membuat versi terbaik dari pribadi Agatha Suci.  "Bagaimanapun, paling mudah adalah berdamai dengan diri sendiri. Saat kita berdamai dengan diri sendiri, semesta akan baik-baik saja. Yang penting positif dan optimis," lanjutnya.

Sadar bahwa kedua buah hatinya terlambat dari segi kemampuan sosial. Agatha Suci mengaku tidak memiliki ekpektasi terlebih terutama pada hal berbau pendidikan formal. Ia juga mengaku tidak takut menghadapi segala macam kemungkinan apapun di masa depan.

"Soal kehidupan, apapun kita gak pernah bakal tahu masa depan. Bagi aku, apa saja yang aku jalani sekarang, semoga hasilnya bagus. Kalaupun nggak bagus, setidaknya kamu telah mencoba yang terbaik," pungkas Agatha Suci.

Suara.com/Risna Halidi

Artikel terkait pernah dimuat Suara.com dengan judul: Kisah Inspirasi Agatha Suci Besarkan 2 Anak Berkebutuhan Khusus

Berita Terkait

Berita Terkini