Wanita

Bahaya! Jangan Biasakan Pinjam Lipstik Teman, Bisa Kena Virus

Sebagian besar kosmetik mempunyai kandungan pengawet yang dirancang untuk membunuh bakteri.

Rauhanda Riyantama

Memakai lipstik. (thinkstock.com)
Memakai lipstik. (thinkstock.com)

Himedik.com - Lipstik menjadi senjata utama para wanita saat bepergian. Jika tak memakainya ibarat 'makan sayur tanpa garam', jadi ada yang kurang. 

Namun, terkadang di antara kamu sering meminjam lipstik teman saat lupa membawanya. Tahukah kamu, sebagian besar kosmetik mempunyai kandungan pengawet yang dirancang untuk membunuh bakteri.

Tapi bagaimana jika lipstik yang mengandung bakteri atau virus dengan mudah tertular air liur ketika kamu meminjam lipstik?

Meskipun lipstik bisa bertahan hingga tiga tahun, sebaiknya jangan pinjamkan ke orang lain. Sebab kebiasaan buruk tersebut akan menimbulkan efek pada bibir. Berikut ulasannya.

1. Sebar bakteri

 Bibir memiliki pembuluh darah yang luas di bawah permukaannya. Apa pun yang kamu oleskan pada membran tipis bibir secara otomatis akan diteruskan ke sistem tubuh yang lain melalui aliran darah, salah satunya juga bakteri.

2. Virus mengendap

Bahkan, jika sudah beberapa hari, virus yang terdapat di tubuh seseorang bisa menempel di lipstik dan bertahan selama berminggu-minggu.

Jika yang memakai menderita sakit, meskipu ringan, tak menutup kemungkinan kamu akan tertular.

3. Virus Herpes

Bahkan orang yang menggunakan lisptik bibirnya pecah-pecah atau menderita sariawan bisa jadi kamu akan tertular. Tak cukup dengan menyeka permukaan bibir, tapi jangan memakai kembali produk tersebut. 

4. Jangan gunakan jari

Orang berpikir menggunakan jari lebih bersih dan tidak berisiko bila bibir memiliki 40 persen bakteri. Ternyata tangan memiliki 80 persen bakteri.

Berita Terkait

Berita Terkini