Wanita

Tidak Hanya High Heels, Flat Shoes Juga Bisa Ancam Kesehatan

Jadi wanita nampaknya membingungkan. High heel bahaya, flat shoes ternyata juga berbahaya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Flat Shoes (Wall Street Journal)
Flat Shoes (Wall Street Journal)

Himedik.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa high heels bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Salah satunya yaitu osteoartritis. Merupakan keadaan kronik pada sendi akibat tulang rawan atau bantalan di antara persendian rusak. Sehingga mengakibatkan kaku, bengkak, dan rasa sakit.

Perlu kamu ketahui, ketika memakai high heels, tubuh akan terus dipaksa dalam keadaan tegap. Hal itulah yang menyebabkan tulang belakang menjadi tegang, dan akhirnya menyebabkan gejala osteoartritis.

Namun ternyata, masalah kesehatan kaki tidak hanya mengancam bagi kamu pemakai high heels. Penggemar flat shoes juga perlu tahu nih, apa bahaya di balik penggunaannya.

1. Tumit pecah-pecah

Tekanan yang terjadi secara terus menerus pada kaki bisa menyebabkan kulit di bagian tumit mengeras. Sehingga, perlahan akan mengering, retak, dan terjadilah tumit pecah-pecah.

kaki pecah-pecah (amazon)
kaki pecah-pecah (amazon)

2. Melukai tendon

Tendon terbesar dalam tubuh manusia yaitu tendon achilles. Terletak membentang di antara tulang tumit hingga otot betis. Salah satu fungsinya membuat jari kaki bisa menyentuh lantai secara langsung.

Nah, masalahnya adalah ketika kamu berjalan menggunakan flat shoes, tendon harus menanggung beban sebanyak dua hingga tiga kali lipat lebih berat dari kemampuannya. Beban yang terus menerus ditanggung oleh tendon ini, lama kelamaan akan membuat cedera.

Sehingga, area sekitar tendon akan bengkak dan menyebabkan rasa nyeri atau sakit ketika berjalan.

Maka dari itu, disarankan menambahkan bantalan kaki ketika menggunakan flat shoes. Serta gunakan pelembab jika tumit pecah-pecah.

Berita Terkait

Berita Terkini