Wanita

Sering Keputihan? Yuk, Simak Faktanya Berikut Ini

Keputihan sebenarnya merupakan cara alami dari MIss V untuk melindungi dari masalah kesehatan yang serius.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi keputihan. (bild.de)
Ilustrasi keputihan. (bild.de)

Himedik.com - Banyak wanita yang merasa cemas dan kurang nyaman saat mengalami keputihan, karena bisa menjadi tanda adanya infeksi. Hanya saja, pakar menyebutkan bahwa keputihan ini sebenarnya juga bermanfaat bagi kesehatan wanita.

Tak hanya menandakan adanya masalah kesehatan ringan, seperti jamur atau bakteri. Keputihan juga bisa menandakan adanya masalah yang lebih serius, seperti kanker serviks. 

Hal ini tentu akan membuat wanita mewaspadai kondisi kesehatannya dan segera memeriksakannya ke dokter. Sebenarnya, asalkan wujud keputihan masih berupa lendir yang tak berwarna, tidak berbau, tidak memicu gatal, sedikit kental atau sedikit cair, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan. 

Yang tidak banyak diduga oleh banyak wanita adalah keputihan sebenarnya merupakan cara alami dari MIss V untuk melindungi dari masalah kesehatan yang serius. Caranya tentu dengan mengeluarkan keputihan ini.

Selain sebagai pembersih alami Miss V, keputihan juga bisa menjadi tanda kaum hawa bahwa mereka sedang mengalami masa ovulasi, sedang dalam kondisi libido yang tinggi, atau sedang terkena stres.

Pakar menyebutkan bahwa jumlah keputihan yang melimpah juga belum tentu menandakan adanya masalah kesehatan serius. Apalagi jika hal ini dialami oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani proses KB.

Hanya saja, jika keputihan memiliki bentuk gumpalan layaknya keju, menyebabkan bau busuk atau amis, memiliki warna mencolok seperti kehijauan dan kekuningan, terasa gatal, perih, atau bahkan berdarah dan memicu rasa nyeri, ada baiknya segera memeriksakan ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini